Viral…! Gunakan APD Seadanya,Tim Medis Penanganan Corona Puskesmas Pematang Kandis Nekat Datangi ODP ..!

574
Petugas medis Puskesmas Pematang kandis, Bangko, Merangin, menggunakan APD saeadanya dan sempat viral/Ist

MERANGIN,-Tim penanganan kasus virus corona (covid-19) Puskesmas Pematang Kandis Bangko ini, terbilang nekat melakukan pemantauan warga, dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP).

BACA JUGA : Update Corona di Indonesia 28 Maret: Tercatat Ada 1.155 Kasus, 59 Sembuh, 102 Berakhir Kematian

Betapa tidak, meski hanya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) se-adanya, dan sempat viral di berbagai group medsos aplikasi WhattApps, tak kurang dari 25 tim medis bentukkan kepala Puskesmas Pematang Kandis Dr Sephelio, terus mendatangi berbagai rumah warga yang masuk catatan OPD.

BACA JUGA : Terus Lawan Corona, Bupati Merangin Pantau Kesiapan Medis RSUD Kol Adbunjani Bangko

“ Itu baju APD yang dipakai tim medis kami, kami beli sendiri. Mau bagaimana lagi, ini soal panggilan jiwa, karena sifat virus corona ini mudah sekali penularannya.

Petugas medis Pematang Kandis Bangko, saat mendatangi kediaman warga berstatus ODP/Ist

‘ Makanya saya intruksikan petugas medis disini termasuk saya dengan total 25 petugas medis, lima diantaranya dokter, untuk mendatangi kediaman warga yang berstatus ODP. Dan ini sudah kami lakukan sejak dua minggu terakhir,” Ucap Kepala Puskesmas Pematang Kandis Dr Sephelio, kepada jejakjambi.com, via selular baru-baru ini.

Sejauh ini terkait APD, memang belum ada bantuan dari pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin.

BACA JUGA : Lawan Corona..! Pasar Muara Delang Jadi Sasaran Ketua DPRD Merangin Herman Efendi Bagikan Ribuan Masker..!

” Kalau mau menunggu bantuan APD baru bergerak, wah jadi kacau nanti penanggulanganya di pusat kota ini. Do’akan saja, mudah -mudahanan aman, meski menggunakan APD seadanya. Karena kami juga tetap mematuhi protap antisipasi penyebaran virus corona ini,” Jelasnya.

Hingga saat ini lanjut dr Sephleo, pihaknya sudah mendata 19  warga diwilayah Pematang kandis dengan status ODP.” Dan satu diantara ODP, hari ini (28/03/2020), sudah kita rujuk ke RSUD Adbunjani Bangko, karena ada indikasi corona meski belum bisa dibuktikan,” Terang Dr Sephelio.

Besar harapan Dr Sephelio, agar warga jangan panik dengan kondisi ini, tetap mematuhi kebijakan pemerintah untuk tidak banyak melakukan aktivitas diluar rumah.

” Jika ada warga yang ada indikasi ODP atau baru pulang dari zona merah virus corona, bisa cepat lapor ke puskesmas Pematang Kandis. Iya biar kami yang mendatangi kediamannya,” Tegasnya sedikitpun tak ragu.(*)

REPORTER : Edo Guntara
EDITOR : Chatur
















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here