Tanpa Surat Peringatan, Tiga Staf Kecamatan Tabir Ulu Dimutasi..! Ups Masalah-nya Apa Ya..?

468
Ilustrasi/Ist

MERANGIN,- Pilkada damai di Merangin yang berlangsung sukses, 27 Juni 2018 lalu, teryata masih menyisakan persoalan tersendiri bagi tiga staf Aparatur Sipil Negara (ASN) yang selama ini, bertugas di kantor Kecamatan Tabir Ulu.

Iya, tiga staf tersebut, secara serentak tanpa adanya Surat Peringatan (SP) terlebih dahulu, justru dipindahkan dari kantor setempat, pasca terbitnya SK Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Merangin, tertanggal 7 Agustus 2018 lalu.

Ke-tiga Staf Kantor Camat Tabir Ulu yang dimutasikan secara dadakan itu, Ernawati dimutasi ke kantor Kecamatan Tabir, Hairiyah dimutasi Kecamatan Nalo Tantan, dan terakhir Rusdiman dimutasi ke Kecamatan Tabir Barat.

” Kami sadar sebagai ASN, kami harus siap ditempatkan dimana saja, namun jika mutasi yang kami terima terkesan mendadak begini, tentu kami juga bertanya – tanya ada apa dengan kami be-rtiga. Bahkan mutasi tersebut terjadi, tanpa kami mengetahui apa kesalahan, kami hingga tanpa adanya SP terlebih dahulu,” Jelas Ernawati saat dibincangi jejakjambi.com, beberapa waktu lalu.

Padahal lanjut Erna, dikantor Kecamatan Tabir Ulu tersebut sejauh ini hanya dihuni 11 pegawai. Dengan dimutasikan dirinya dan dua rekanya tersebut, tentu saat ini dikantor setempat kekurangan pegawai.

” Kami juga bingung, masalah kami apa hingga kami harus dimutasikan begini, jika masalah politik, saya pikir apalah artinya kami ini dengan status staf Kecamatan. Sedangkan diluar sana, ada banyak pejabat ASN yang nyata -nyata mendukung salah satu kandidat, namun mereka aman – aman saja tanpa persoalan seperti yang kami terima. Apa aturan ASN ini hanya berlaku bagi staf kecil seperti kami saja,” Kata Erna lirih.

Menelaah mutasi yang terkesan mendadak tersebut tambah Hairiyah (juga staf ASN yang dimutasi,red), baru – baru ini dirinya sempat mendatangi kantor BKD Merangin, guna mempertanyakan persoalan surat mutasi yang diterimanya, dan terkesan mendadak itu.

” Saat itu Kepala BKD Merangin Nasution, justru mengatakan jika kami bertiga dimutasi lantaran mendukung salah satu kandidat calon Bupati saat Pilkada lalu. Itu rekomendasi dari Camat Tabir Ulu yang saya terima, makanya kalian dimutasi, kata Nasution saat saya konfrontir,” Urai  Hairiyah.

Menarik untuk ditelaah, ditempat terpisah Nasution kepala BKD Merangin justru menyangkal jika mutasi tiga staf kecamatan Tabir Ulu tersebut, lantaran terlibat persoalan politik praktis.

” Saya tidak tahu persis apa masalahnya hingga ke-tiga staf kantor Camat Tabir Ulu tersebut. Setahu saya mutasi mereka, bukan karena terlibat politis praktis, coba tanya saja terhadap Camat Tabi Ulu, karena mutasi itu saya tandatangani atas rekomendasi camat Tabir Ulu,” Terang Nasution, saat dikonfirmasi jejakjambi.com.

Sementara itu Camat Tabir Ulu Yusuf saat dikonfirmasi secara terpisah, hanya memberikan jawaban secara diplomatis.” Mutasi itu biasa saja bagi ASN, karena memang ASN itu harus siap ditempatkan dimana saja,” Tutupnya.(*)

REPORTER : Rabu Iskandar 
EDITOR : Chatur























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here