Tak Sedikit Dari Penghuni Lapas Bangko, Terisak Tangis ?

66
SUASANA HARU : Tampak jepretan kamera jejakjambi.com, diselah para keluarga narapidana, yang mengikuti buka puasa bersama di Lapas Kelas II Bangko.

MERANGIN,JEJAKJAMBI.COM – Sore menjelang malam, atau Minggu, (11/6), sekitar pukul 18.00 WIB, menjadi ‘momen luar biasa’ bagi para narapidana penghuni  Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II Bangko, Merangin.

Betapa tidak,  melalui ide cemerlang Kalapas Bangko AH Zunaidi diiringi Kepala Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP), Eli Susanto, LP setempat coba menggelar event yang tak lazim  dengan menggelar berbuka puasa para napi dengan keluarganya.

Kegiatan penuh haru bercampur bahagia tersebut, mendapat sambutan luar biasa para narapidana dan keluarganya. Kendati berbuka puasa hari itu, berlangsung seadanya dari masing masing keluarga napi yang hadir, namun tak sedikit dari para napi, maupun keluarga napi  yang  terlihat terisak tangis, lantaran  haru  mendapatkan kesempatan berkumpul dengan keluarga, dibulan penuh ‘nikmat’ ini.

“  Kami para napi disini, sangat berterima kasih terhadap Pak Kalapas, maupun Pak KPLP yang sudah menggelar kegiatan ini. Kami senang, bisa  berkumpul dengan keluarga walau hanya sesaat.  Dan kami tak menyangka dibulan penuh ‘rahmat’ ini, kami diberikan kesempatan berkumpul dengan keluarga, dan menikmati berbagai makanan  kesenangan kami, yang dibawah keluarga kami. Ini luar biasa bagi kami ,” Ungkap Tumiran (45), salah satu penghuni LP, kepada jejakjambi.com, disela berbuka puasa bersama keluarga.

Sementara itu, Kalapas Bangko AH Zunaidi didampingi KPLP Eli Susanto saat dikonfirmasi membenarkan jika pihaknya menggelar kegiatan buka puasa bersama, khusus para narapidana dan keluarganya di lapas kelas II Bangko.

“ Dan Alhamdulillah, tak kurang dari 250 keluarga Napi, ambil bagian dalam buka puasa bersama ini. Tak sedikit dari mereka tampak hanyut dalam kerinduan, lantaran bisa berkumpul dengan keluarga, dan merasakan kehangatan bersama keluarga saat berbuka puasa,”  Ujar Kalapas Bangko AH Zunaidi,  dengan mata berkaca – kaca saat menyaksikan suasana haru dalam berbuka puasa hari itu.

Sementara itu KPLP Eli Susanto mengakui awalnya, pihaknya cukup ragu menggelar kegiatan buka bersama bagi para napi dan keluarganya ini. Namun, dilandasi niat yang tulus, akhirnya kegiatan penuh haru tersebut, mampu  dilaksanakan pihaknya.

“ Khawatir saja, ada keluarga napi yang masuk justru berniat tidak baik dan lain sebagainya. Namun Alhamdulilah, keraguan itu bisa terjawab, dan kegiatan ini pun berhasil kita gelar,” Timpalnya penuh rasa bangga.

Selain para keluarga napi membawa berbagai bekal berbuka puasa lanjut Eli Susanto, pihaknya juga menyiapkan menu berbuka puasa bersama, bagi para napi yang tidak bisa menghadirkan keluarganya untuk berbuka puasa bersama. “ Kita juga menyiapkan santapan berbuka bersama, untuk para napi yang tidak bisa menghadirkan keluargnya untuk berbuka puasa bersama,” Tambah Eli lagi. Selain ratusan keluarga napi, nampak turut hadir Kasi Binaan Bapak Giatja, dan petugas LP lainnya. (*)

REPORTER : Alhendra Daulay
EDITOR       : Chatur


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here