Super TOP..! Samakan Persepsi, BAPPEDA Merangin Gelar FGD RPJMD 2019-2024..? Prof DR Sadu Wasistiono MSi, Didaulat Sebagai Nara Sumber

148
Prof Dr Sabu Wasistiono MSi , didampingi Kepala BAPPEDA Merangin Agus Zainudin, saat momen FGD RPJMD/jejakjambi.com

MERANGIN, – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Merangin Dibawah kepemimpinan Agus Zainudin, menggelar Focuss Group Discussion (FGD), guna menyatukan persepsi, guna penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Merangin tahun 2019-2024.

Para OPD dan Camat yang hadir/jejakjambi.com

Selain agenda penting ini, dibuka secara resmi Pjs Bupati Merangin H Husairi, melalui Sekda Merangin H Sibawaihi, di Aula Bappeda Merangin, Rabu,(18/04), hal lain yang cukup membanggakan dalam momen kali ini, hadir sebagai nara sumber Kepala Lembaga Kajian Strategis Pemerintahan IPDN, Prof DR Sadu Wasistiono, yang juga pendamping RPJMD Merangin 2019-2024.

Kegiatan yang berakhir pukul 12.00 WIB tersebut, diikuti para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para Camat Se-kabupaten Merangin

Kepala BAPPEDA Kabupaten Merangin Agus Zainudin, diselah kegiatan mengatakan, jika kegiatan FGD RPJMD ini, dilaksanakan dalam rangka persiapan penyusunan RPMJD Kabupaten Merangin 2019-2024.

“Nah dari hasil diskusi yang cukup alot ini, kita akan himpun dan diselaraskan dengan kebijakan nasional maupun provinsi Jambi,” ungkap Agus, kepada jejakjambi.com.

Dan penyusunan RPMJD 2019 – 2024 ini lanjut Agus, sudah mesti selesai sebelum Bupati terpilih dalam Pilkada 2018.

” Karena, ketika sudah ada kepala daerah terpilih nanti, kita akan menyelaraskan visi dan misi kepala daerah terpilih tersebut. Setelah itu, barulah rancangan awal RPJMD 2019-2024 dibentuk, dan proses selanjutnya akan dilakukan uji publik sebagai bahan untuk maju menjadi rancangan akhir RPJMD,”  Urai Agus, sedikit panjang lebar.

Setelah rancangan akhir tersusun lanjut Agus, pihaknya akan menyampaikan ke DPRD Kabupaten Merangin untuk ditetapkan dalam Peraturan Daerah (PERDA).

“Perencanaan pembangunan daerah selama lima tahun kedepan kita kemas dalam satu dokumen. Dan kita berharap dokumen tersebut memang betul – betul berkualitas, sehingga pembangunan Kabupaten Merangin bisa disejajarkan dengan daerah lain dan mempunyai daya saing di tingkat nasional,” jelas Agus.

Sementara itu ketua tim penyusunan RPJMD Kabupaten Merangin Prof Dr Sabu Wasistiono MSi mengatakan, jika dirinya hanya sebatas melakukan pendampingan guna menyamakan persepsi OPD dengan progres pembangunan sesuai aturan.

“Ini baru penyamaan persepsi, sebelum dilakukan penyusunan, lantaran adanya perubahan UU Nomor 23 tahun 2014 jadi persepsinya disamakan terlebih dahulu. Setelah itu kami menyebarkan kuisioner, mereka mengisi lalu nanti datang lagi menyusun. Yang membuatkan atau yang menyusun itu OPD, kami hanya mendampingi dan menjaga alur fikir,” Tuntas Sang Profesor. (*)

REPORTER : Rhamadon.C
EDITOR : Chatur  

 













LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here