Sosialisasi Inver PTKH, Resmi Dibuka Pjs Bupati Merangin

75
Pjs Bupati H Husairi/Ist

MERANGIN,JEJAKJAMBI,Bertempat diruang pola kantor Bupati Merangin, H Husairi Pjs Bupati Merangin, secara resmi membuka agenda sosialisasi Investarisasi dan Verifikasi Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan (Inver PTKH).

Kegiatan yang diikuti  89 peserta utusan dari Kepala Desa (Kades), Kecamatan yang berada dalam kawasan hutan dan instansi terkait ini, salah satu tujuanya tak lain, guna mendapatkan data yang akurat mengenai lahan yang ada di kawasan hutan dan fokus pada tanah objek reforma agraria.

Selain Pjs Bupati Merangin, nampak hadir sebagai nara sumber, perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, serta pihak Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XIII Pangkal Pinang.

Dalam sambutan resminya, Pjs Bupati Merangin H Husairi berharap, kepada pihak Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XIII Pangkal Pinang dapat bersinergi, berkorelasi dengan kebijakan reforma agraria dan visi pembangunan Kabupaten Merangin.” Itu harapan kami,” Ujar Pjs Bupati Merangin H Husairi dalam sambutan resminya.

Menurutnya, upaya percepatan reforma melatar belakangi terbitnya peraturan Presiden nomor 88 tahun 2017, tentang penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan. Hal ini tegas Pjs Bupati, sekaligus komitmen pemerintah dalam menyelesaikan masalah tanah yang terlanjur dikuasai oleh masyarakat di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin.

Diakui H Husairi, ada beberapa opsi penyelesaian yang dapat ditempuh sesuai Perpres, dengan mengeluarkan bidang tanah dari dalam kawasan hutan melalui perubahan batas kawasan hutan.

Selain itu, tukar menukar kawasan batas kawasan hutan, tukar menukar kawasan hutan, memberikan akses kelola lewat perhutanan, sosial dan melakukan resettlement atau pemindahan penduduk dari kawasan hutan ke luar kawasan hutan juga dapat dilakukan.

” Beberapa opsi penyelesaian tersebut, diharapkan agar kawasan hutan tatap terjaga dan lestari, dan juga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada dalam kawasan hutan itu,” Katanya.(*)

SUMBER : Humas Pemkab Merangin

 













LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here