Sekali Lagi, Mantap Jiwa…! Sanggar Seni Batin Penghulu Perkenalkan Kearifan Budaya Merangin, Lewat Festival Harau Nasional.

29
MEMUKAU : Sanggar seni Batin Penghulu, tampil memukau dalam Festival Harau Nasional, yang berlangsung di Lembah Harau, Lima Koto, Sumatera Barat, Jum,at (24/8) lalu./Ist

MERANGIN,JEJAKJAMBI,- Event nasional, bertajuk ” Festival Harau Nasional” yang berlangsung di Lembah Harau, Lima Koto, Sumatera Barat, Jum,at (24/8) lalu, memang sudah berlalu.

Namun, bagi para pelaku seni Merangin, dibawah wadah sanggar seni Batin Penghulu, festival nasional yang menyedot banyak perhatian publik itu, menjadi salah satu momen membanggakan bagi Bumi Merangin terkhusus, dan Provinsi Jambi secara umum.

Pasalnya, selain dalam ajang pentas seni nasional tersebut, sanggar seni Batin Penghulu, mampu tampil maksimal didepan ribuan penonton yang hadir, busana adat Merangin yang dikenakan sanggar seni Batin Penghulu, secara tidak langsung mampu diperkenalkan terhadap kalayak ramai, pada pentas yang dibuka secara langsung Kementerian Pariwisata saat  itu.

“ Alhamdulillah, kita sudah tampil maksimal disana. Dan keberadaan kita dalam ajang tersebut, tentu mewakili Provinsi Jambi. Ini, sungguh membanggakan bagi kami,” Timpal Moyu yang tak lain, Ketua Sanggar Seni Batin Penghulu, kepada jejakjambi.com baru – baru ini.

Lebih dari itu lanjut Moyu, kehadiran para pelaku seni Merangin dalam festival nasional kali ini, banyak mendapatkan pembelajaran berharga.“ Salah satunya event pertunjukan yang dipertontontan, dengan mencuri tema kearifan budaya lokal. Dan ini, menjadi pembelajaran tersendiri bagi kami, agar ke depan dapat untuk terus mengeksplore kearifan budaya lokal yang kita miliki di bumi Merangin,” Terangnya.

Terakhir lanjut Moyu, besar harapan pihaknya sebagai pelaku seni, agar ke depan Pemkab Merangin dapat terus mensuport para pelaku seni di Merangin untuk terus berkarya, lewat berbagai momen, tak terkecuali menggali potensi kearifan budaya lokal yang dimiliki. “Kita harus bangga dengan kearifan budaya lokal yang kita miliki, dan itu akan terus kita jaga, dan perkenalkan di berbagai event, nasional maupun internasional sekali-pun. Nah, untuk menuju kesana Suport Pemkab Merangin sangat kami harapkan,” Jelasnya. (*)

REPORTER : Chatur

 






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here