Sejumlah Kandidat Cabup Merangin Terancam Masuk Daftar Tunggu, ‘Tuk Dipinang’. Ups,, Kok Bisa?

37
ILUSTRASI/IST

MERANGIN,JEJAKJAMBI,- Perburuan Partai para kandidat Calon Bupati (Cabup) Merangin 2018, memang masih terus berlangsung. Meski demikian, seiring berjalanya waktu, telisik demi telisik hingga hasil investigasi jejakjambi.com, hanya beberapa kandidat Cabup saja, yang sepertinya cukup intens, dan penuh keseriusan dalam berburu partai politik, guna dapat melaju dalam pertarungan sesungguhnya.“Pilkada Merangin 2018”.

Bahkan, persoalan siapa yang nantinya akan jadi pendamping alias wakil, sepertinya masih belum begitu dipikirkan sejumlah kandidat Cabup. Bagi para Cabup sendiri, memastikan dukungan 7 kursi dilegislatif justru jauh lebih penting, jika bicara hari ini.

Tak heran, jika kondisi tersebut cukup memaksa sejumlah kandidat Cabup, dengan sangat berat, coba melakukan manuver politik, lewat pola klaim mengklaim partai. Padahal sejauh ini, hanya partai PKPI yang sudah memantapkan dukunganya terhadap kandidat Cabup Merangin Ahmad Fauzi Ansori (AFA). Sedangkan partai lain-nya, hingga kini masih belum memastikan kemana arah dukungannya.

Sebut saja kandidat petahana Al-haris. Dari berbagai informasi yang digali jejakjambi.com, Cabup Al-haris yang masih duduk sebagai Bupati Merangin ini, disebut banyak pihak, akan mendapatkan partai yang cukup untuk melaju di Pilkada Merangin.

Partai yang disebut banyak pihak bakal ‘lari kepelukan’ sang petahana Al-haris itu, diantaranya, Golkar dan PDI- Perjuangan. Tak hanya itu, beberapa partai lain juga santer terdengar dan digadangkan banyak pihak, akan menjadi pendukung sang petahana,diantaranya, PPP dan Partai Hanura.

” Untuk PPP pun sudah diklaimnya (Bupati Alharis,red), walau hingga kini DPP PPP, masih belum mengumumkan kepastian siapa yang akan diusung PPP dalam Pilkada Merangin nanti. Namanya juga politik ya begitu dan silakan saja mengklaim,” Timpal salah satu politisi senior dari PPP Merangin, yang minta namanya tidak perlu dicatut, kepada jejakjambi.com, baru – baru ini.

Kandidat lainnya, yang juga berpeluang besar bisa masuk dalam bursa Pilkada Merangin, tak lain Cabup Nalim. Sejauh ini, kandidat Cabup yang kerap disebut kandidat Fighter ini, disebut banyak pihak, akan berpeluang besar mendapatkan cukup perahu partai guna melaju dalam Pilkada Merangin.

Diantara partai yang digadang gadangkan banyak pihak bakal berlabuh pada Cabup Nalim tersebut tak lain PKB, Nasdem, dan PBB. Tak hanya itu, Partai PAN pun, disebut banyak pihak akan memberikan dukungan penuh terhadap mantan orang nomor satu di Merangin ini.

Jika hal tersebut tidak meleset, maka syarat mutlak 7 kursi, sudah lebih dari cukup untuk membuat Cabup Nalim kembali bisa bertarung memperebutkan kursi nomor satu Merangin yang sudah cukup lama ditinggalnya.

Dilain pihak, memang tak terbantahkan jika Ojie panggilan akbar Ahmad Fauzi Ansori (AFA), menjadi satu satunya kandidat Cabup yang sudah lebih dulu mendapatkan dukungan partai. Partai tersebut tak lain PKPI.

Selain PKPI, Ojie pun disebut banyak pihak akan mendapatkan perahu yang cukup untuk melaju dalam Pilkada Merangin, dengan dukungan partai yang memiliki nama besar. Partai yang disebut banyak pihak akan berlabuh pada AFA tersebut Demokrat, Gerindra, hingga partai PKS.

Jika memang ke-tiga partai tersebut juga menjadi milik Ojie,  maka mantan kepala Bappeda Merangin ini pun, dipastikan mampu menerobos arena Pilkada Merangin.” Mudah mudahan partai kita cukup,” Timpal Ojie beberapa waktu lalu.

Sayang salah satu pengamat politik Merangin yang cukup senior ini, mau memberikan prediksi-prediksi terkait Pilkada Merangin, asal nama dirinya bisa diinisialkan saja. Lewat kesepakatan tersebut inisial AM yang dianggap pengamat politik senior dibumi Merangin ini pun, akhirnya mau angkat bicara, dan coba memprediksi bursa pilkada Merangin 2018.

Prediksi AM, Pilkada Merangin akan dimainkan tiga kandidat atau tiga pasangan. Kandidat tersebut, sang petahana Al-haris, Nalim dan AFA.“ Kemungkinan 3 pasangan yang akan bertarung dalam Pilkada Merangin 2018. Itu prediksi saya, dan Jika terjadi 4 pasang, maka hitungan hitungan politiknya menurut versi saya, akan sangat menguntungkan kandidat petahana,” Timpal AM.

Memang bisa terjadi empat pasangan atau empat kandidat? Mensikapi pertanyaan tersebut, lagi – lagi pengamat politik AM mengatakan hal itu bisa saja terjadi. Andai saja lanjut AM, Cabup Petahana Al-haris,  hanya mampu mencuri kursi PDI-P, dan Golkar saja, sedangkan Cabup Nalim, hanya mampu mencuri kursi,  PKB, Nasdem, PAN, saja. Maka tiga partai lagi, Hanura, PBB, dan PPP, lebih dari cukup untuk satu kandidat lagi.

Nah, siapa yang akan berpeluang mengambil kursi tersebut?  Menurut AM, tak menutup kemungkinan Cabup Syukur Al-qodri jika dilihat dari peluang partai yang ada.“ Sekali lagi, ini hanya pengamatan politik saya atau prediksi saya, tidak ada yang pasti dan semua bisa berubah,” Jelasnya penuh penjalasan.

Nah terkait kandidat Cabup lain, yang juga gencar bersosialisasi, seperti Khafid Moein, Try Herman Efendi, Mashuri, Suprapto, Ahmad Kausari, Ainal Mubarok, hingga Madian Saswadi,  bagaimana peluang mereka? Mungkinkah akan menjadi kandidat nomor 2 dan digandeng Cabup yang sudah lebih dulu mendapatkan cukup kursi tuk melaju dalam Pilkada Merangin? Atau hanya bisa menonton pertandingan politik merangin?

Menyoroti  pertanyaan tersebut lagi – lagi AM mengatakan, kuat kemungkinan dari 7 kandidat diatas yang juga kepincut untuk bertarung dalam Pilkada Merangin tersebut, kandidat Cabup Khafid Moein sedikit akan diuntungkan, lewat hitung hitungan politik partai.

” Hitunganya begini prediksi saya, partai PDI-Perjuangan bisa jadi milik sang petahana Al-haris, asalkan kandidat Khafid Moein bisa menjadi nomor dua lantaran Khafid merupakan kader potensial milik PDI-Perjuangan. Jika itu terjadi, tak salah jika Harkad jilid II kembali terjadi,” Urai AM, coba memprediksi kemungkinan kemungkinan terjadi.

Sedangkan kandidat lain dari kaca mata politik AM, masih belum terlihat arah politiknya untuk saat ini .” Jika dilihat hari ini, maka kandidat lain tentu bersifat menunggu, dan berharap bisa dilirik tiga atau empat kandidat yang kemungkinan akan mendapatkan cukup partai. Sekalli lagi, Itu hanya prediksi saya, karena dalam politik semua bisa berubah dengan cepat, tergantung suasana dan kondisi hangatnya perpolitikan itu sendiri,” Tukasnya.  (*)

REPORTER : Chatur






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here