Sah..! 4 Ranperda Dan 1 Ranperda Inisiatif Disepakati DPRD Merangin

71
Suasana Paripurna/jejakjambi.com

MERANGIN,JEJAKJAMBI,- Setelah melalui proses dan tahapan yang cukup alot, akhirnya dari 5 usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Merangin terhadap wakil rakyat Merangin, 4 diantaranya disepakati  DPRD Merangin.

Tak hanya itu, 1 Ranperda Inisiatif DPRD Merangin juga disepakati dalam Paripurna DPRD Merangin yang berlangsung, Senin, (12/3), di gedung wakil rakyat Merangin.

4 Ranperda yang disetujui dan 1 Ranperda Inisiatif DPRD Merangin tersebut tak lain, Ranperda Kabupaten Merangin tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, kemudian Ranperda Kabupaten Merangin tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Selanjutnya, Ranperda Kabupaten Merangin tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin, kemudian Ranperda Kabupaten Merangin tentang Perlindungan dan Pengelolaan Taman Bumi (Geopark), serta 1 Ranperda Inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan atau yang sering kita kenal Perda  Corporate Social Responsibility (CSR).

Sementara itu, Ranperda usulan Pemkab Mderangin yang ditalok lantaran bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi tak lain, Ranperda tentang tata cara pembentukan, Penghapusan, Penggabungan Dan Perubahan Status Desa Menjadi Kelurahan, Kelurahan Menjadi Desa Serta Perubahan Status Desa Menjadi Desa Adat.

Selain hadir Pjs Bupati Merangin Husairi, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Merangin juga nampak hadir dalam Paripurna tersebut, wakil ketua DPRD Merangin Isnedi dan Fauzi Yusuf, Plt Sekwan Fauziah serta tak kurang 24 anggota DPRD Merangin lainnya.

Plt Sekwan Fauziah saat dibincangi membenarkan jika lima Ranperda yang diusulkan Pemkab Merangin, empat diantaranya disetujui untuk dijadikan lembaran Perda. 

” Selain Ranperda dari Pemkab Merangin, juga terdapat satu Ranperda Inisiatif DPRD Merangin yang disepakati.” Mudah mudahan Ranperda tersebut dalam waktu dekat, bisa jadi lembaran  Peraturan Daerah (Perda),” Ucap Fauziah.

Sementara itu, Pjs Bupati Merangin Husairi melalui Kabag Hukum Pemkab Merangin Firdaus mengatakan, setelah melalui proses persetujuan DPRD Merangin, maka dalam waktu dekat Ranperda Merangin tersebut, akan dilakukan penandatanganan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), guna mejadi lembaran Perda Merangin.

” Itu lantaran Kepala Daerah kita berstatus Pjs, makanya Ranperda tersebut, harus ditandatangani Mendagri guna jadi lembaran Perda Merangin,” Tuntasnya. (*)

REPORTER : Rhomadan.C
EDITOR : Chatur

 






LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here