Saat Pelukis Jalanan Ramaikan Bazar Ramadhan Merangin

216
LUKIS WAJAH : Tampak Alwan, terlihat begitu serius melayani jasa lukis wajah, yang dibukanya dikawasan bazar ramadhan Merangin. foto diabadikan jejakjambi.com

MERANGIN, JEJAKJAMBI .COM  – Saat sebuah profesi itu benar – benar dijalankan dengan hati, maka hasil yang akan didapat pun, terkadang tak disangka – sangka. Beberapa penggal kalimat terdepan, tak salah jika ditujukan terhadap Alwan (38), salah satu pelukis jalanan, yang coba mencari keberutungan dengan mengais rezeki dikawasan bazar ramadhan, Bangko Merangin.

Meninggalkan keluarga, saat mengais rezeki lewat profesi melukis wajah yang dilakoninya sejak puluhan tahun lalu, sepertinya sulit dihindari pria asal Bukit Tinggi, Padang, Sumatera Barat tersebut.” Iya, sebelumnya saya sudah dari Damasyara ini, lalu begerak ke Bangko. Dan besok entah kemana lagi saya akan berlabuh. Yang jelas dimana ada keramaian saya akan menuju kesana meski harus meninggalkan keluarga sekalipun,” Ungkap Alwan yang mengaku sudah memiliki satu putri ini, saat dibincangi jejakjambi.com, Jumat, (9/6).

Diakui Alwan, anugerah yang diberikan Sang Pencipta, lewat skil melukis wajah yang dimilikinya, justru bukan dari belajar khusus. Dirinya mengaku jika melukis wajah sudah menjadi hobby nya sejak kecil .” Enggak ada belajar enggak, saya otodidak(bakat alami,red).  Justru karena keahlian ini, saya bisa mengais rezeki dengan berkeliling wilayah sumatera, hingga jawa demi meraup sedikit rezeki dari jasa melukis wajah,” Terang Alwan yang mengaku sudah ditinggal pergi sang istri untuk selamanya, lantaran sakit lemah jatuh yang diderita mendiang istrinya .

Lalu berapa harga lukisan wajah yang ditawarkan Alwan terhadap pengujung  bazar ramadhan Merangin tersebut?  Alwan mengaku untuk satu lukisan wajah orang dewasa, dirinya hanya mematok harga Rp 150 Ribu/kepala, sedangkan anak – anak sekitar Rp 100 Ribu/kepala. “ Enggak terlalu mahal lah, untuk sebuah hasil karya seni. Meski harga tersebut sudah dipatoknya, terkadang ada saja rezeki yang saya dapat dan tak disangka – sangka. Mungkin karena yang dilukis wajah senang, saya pun tak jarang diberikan uang lebih dari harga yang saya patok setelah hasil lukisan jadi, ” Timpalnya mengaku jika untuk satu lukisan wajah, dirinya hanya butuh waktu tak lebih dari 15 menit.

Nah, tak perlu panjang lebar ini, jika Anda ingin mendapatkan lukisan wajah ala seniman jalanan ini, warga Merangin pada umumnya,  cukup datang ke kawasan bazar ramadhan Kota Bangko, Merangin, dan rasakan sensasi hasil karya pelukis jalanan yang satu ini. (*)

REPORTER : Alhendra Daulay
EDITOR       : Chatur

 
























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here