Rencana Hak Angket DPRD Merangin Ibarat, ” Layang – Layang Terbang Tinggi, Putus Benangnya, Hilang Jatuh Entah Dimana ” Ups,,, Kayak Lagu Aja Ya?

41
ILUSTRASI/IST

MERANGIN,JEJAKJAMBI,- Apa kabar rencana besar hak angket DPRD Merangin yang salah satunya terkait imbas, sejumlah pejabat Merangin bertolak ke Jatinangor, beberapa waktu lalu.

Kabar yang satu ini, beberapa waktu lalu dirasa cukup kencang disuarakan para legislator Merangin. Lebih dari itu, tercatat 19 anggota DPRD Merangin, sudah membubuhkan tanda tangan, terkait rencana tersebut, tak terkecuali dua wakil ketua DPRD Merangin saat itu sepakat memberikan dukungan rencana hak angket tersebut bisa berlangsung.

Lalu bagaimana kabarnya saat ini? Hasil penelusuran jejakjambi.com digedung wakil rakyat Merangin sejak beberapa hari terakhir, dirasa cukup sulit untuk kembali mendapatkan perkembangan informasi terkait hal tersebut.

Sejumlah anggota DPRD Merangin yang sebelumnya cukup bersemangat, dalam menyuarakan rencana hak angket tersebut, juga mulai terlihat ‘dingin’ saat diajak bicara perkembangan rencana hak angket tersebut. Tak hanya itu, saling lempar tanggung jawab, terkait rencana hak angket pun, nampak mulai terlihat dari hasil investigasi jejakjambi.com, terhadap sejumlah anggota DPRD Merangin.

” Saya belum tahu perkembanganya, coba tanya dengan Nilwan Yahya, beliau yang mengurus persoalan hak angket tersebut, karena saya lagi dijambi saat ini,” Ungkap Badri Husin,  salah satu anggota DPRD Merangin, dari partai besutan Nasdem saat dibincangi beberapa waktu lalu.

Nilwan Yahya sendiri nampak mulai sedikit ‘gusar’ saat dibincangi terkait perkembangan hak angket tersebut.” Yang saya tahu terakhir kali mengurus hak angket tersebut anggota DPRD Merangin Adnan, nanti coba saya tanya. Saya masih yakin hak angket tersebut bisa terus berjalan,”  Timpalnya.

Sementara itu, sejumlah anggota DPRD Merangin lainnya, juga mulai ‘lesu’ saat diajak bicara terkait perkembangan rencana hak angket yang sempat jadi perbincangan sebagian masyarakat Merangin.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Rencana besar para  anggota DPRD Merangin, untuk melakukan hak angket, yang salah satunya terkait persoalan keberangkatan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke “Jatinangor” terus bergulir.

Hasil investigasi jejakjambi.com, hingga Jumat, (20/10), tercatat sudah sebanyak 19 anggota DPRD Merangin, secara resmi  sudah membubuhkan tanda tangan, dan mendukung hak angket atas persoalan tersebut bisa berjalan.

” Tak salah lagi, jika sampai sore ini, tercatat sudah 19 anggota DPRD Merangin, sudah mensetujui agar hak angket atas dua persoalan yang terjadi di Merangin bisa dijalankan. Hal tersebut dibuktikan dengan 19 anggota DPRD Merangin yang sudah membubuhkan tanda tangan, tak terkecuali dengan Waka I Isnedi dan Waka II Fauzi Yusuf,  turut membubuhkan tanda tangan ,” Ujar Nilwan Yahya anggota DPRD Merangin dari Partai PPP, saat dikonfrontir ulang terkait rencana hak angket tersebut saat itu.

Jika sebelumnya sejumlah anggota DPRD Merangin masih terkesan tertutup, namun kini sepertinya sejumlah anggota DPRD Merangin sudah sedikit berani bicara apa adanya.” Senin besok kita akan kembali menggalang tanda tangan bagi anggota DPRD Merangin yang belum membubuhkan tanda tangan. Dan ini tidak ada paksaan. Apalagi jika melihat Peraturan Tata Tertib DPRD Nomor 1 Tahun 2014, pasal 16 ayat 1 hak angket sebagaimana pasal 12 pada ayat (1), hurup b diusulkan oleh paling sedikit lima (5) anggota DPRD dan lebih dari satu (1) fraksi. Dan tanda tangan yang sudah dibubuhkan sudah lebih dari lima anggota DPRD Merangin, serta lebih dari satu fraksi. Artinya sudah lebih dari cukup jika DPRD Merangin akan melakukan hak angket terkait dua persoalan yang terjadi di Merangin,” Beber Nilwan Lagi.

Terpisah anggota DPRD Merangin lainnya Sudirman, dari  partai PAN juga mengaku sudah turut serta membubuhkan tanda tangan terkait rencana hak angket tersebut.” Ini, kita lakukan agar ada perbaikan – perbaikan di Bumi Merangin terkait tertib pemerintahan. Kita lihat saja nanti mudah – mudahan lewat dukungan segenap anggota DPRD Merangin, hak angket atas dua persoalan tersebut bisa berjalan sebagaimana harapan,” Timpal Sudirman terlihat penuh semangat, saat dibincangi waktu itu.

Sisi lain,selain imbas keberangkatan sejumlah OPD ke Jatinangor, muasal hak angket tersebut disuarakan anggota DPRD Merangin, juga tidak terlepas dari surat Bupati Merangin Nomor 903/123/BPKAD/ANG/2017, Perihal  Perubahan Anggaran sebelum penetapan Perda Perubahan APBD TA 2017, tertanggal 19 September. (*)

REPORTER : Chatur






LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here