Protes Tahapan Tes CPNS Merangin Terus Mengalir..! BKPSDM Disebut Tak Profesional..?

449
Potret Pengumuman seleksi bahan beberapa waktu lalu/dokjejajambi.com

MERANGIN,- Terjadinya penambahan jumlah peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, yang dianggap lolos seleksi bahan adminitrasi, yang terjadi hari ini atau, Jum’at, (26/10, dinilai cukup kontroversi.

Padahal, sebelumnya Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Merangin, atau Senin, (22/10), sempat mengeluarkan pengumuman perserta CPNS Merangin yang lolos verifikasi administrasi dengan jumlah 4.372 peserta.

Sejatinya, dengan kembali dilakukan pengumuman ulang yang terjadi hari ini, maka jumlah peserta CPNS Merangin yang lolos verifikasi bahan bertambah sebanyak 137 peserta, hingga total peserta CPNS Merangin yang ditetapkan BKPSDM sebanyak 4.509 peserta.

“ Banyaknya gelombang protes yang datang pasca pengumuman peserta yang lolos verifikasi bahan beberapa waktu lalu, kita terpaksa menverifikasi ulang bahan peserta, hingga akhirnya kita temukan adanya penambahan jumlah peserta yang lolos seleksi bahan sebanyak 137 peserta. Dan ini sudah fit, tidak akan ada pengumuman lagi,” Jelas Kepala BKPSDM Merangin Nasution melalui Zairi Kabid Kepegawaian, kepada media ini baru baru ini.

Sedikit dijelaskan Zairi, pihaknya tidak bisa menapik adanya faktor human error yang terjadi saat tim verifikasi daerah melakukan entri data.

” Dan verifikasi ulang pengumuman bahan peserta CPNS ini pun kita lakukan setelah kita merlakuan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak BKN pusat, ” Timpalnya.

Terjadi dua kali pengumuman seleksi bahan, apakah ini adanya dugaan pengkondisian peserta titipan? Pertanyaan tersebut, cepat disangkal Zairi.

“ Tidak ada itu, justru ini kami lakukan verifikasi ulang ini, agar para peserta yang lolos bahan tidak dirugikan haknya untuk dapat ikut serta dalam pelaksanaan CPNS Merangin 2018. Jadi isu tersebut sama sekali tidak benar,”  Sangkalnya.

Lalu bagaimana dengan total peserta yang lolos bahan sebelumnya atau ssebanyak 4.372 peserta? Apakah ada pengurangan angka data? Sayang pertanyaan satu ini, belum dijawab Zairi. ” Untuk Data itu ada pada Agus Joko selaku Kasubid Kasubbid Perencanaan dan Informasi Kepegawaian. Beliau yang lebih tahu,” Katanya. Sayang Agus sendiri, beberapa kali dihubungi via ponsel belum mau mengangkat ponselnya. 

Kendati BKPSDM menyangkal keras tudingan adanya peserta titipan, namun Masroni yang tak lain Forum Bersama Peduli Merangin (FBPM), justru ‘mencium’ adanya indikasi tersebut

Ditegaskan Bung Rony (sapaan, akrab Masroni,red), jika BKPSDM nampak tidak profesional dalam melakukan seleksi bahan peserta CPNS. Bayangkan, baru sebatas seleksi bahan saja sudah ‘amburadul’ .

 “Dan ini, tak salah jika BKPSDM disebut sudah offside. Pansel Penerimaan CPNS ini jelas tidak fair. Baru tahapan seleksi bahan saja sudah banyak yang tidak beres. Gelombang protes terus mengalir, mulai dari yang tidak lolos bahan, namun namanya justru ada dipengumuman.

“ Hingga bahan peserta yang lengkap, justru  dinyatakan tak lolos. Dan jumlah nya tidak sedikit, saya banyak tahu orang orang-nya, dari keluarga siapa, secarik kertas dengan tulisan tangan untuk kepala BKPSDM saja saya punya.  Jadi tak salah jika dikatakan pelaksanaan tes CPNS Merangin terindikasi tak beres. Kita lihat saja kedepan-nya gimana,” Ungkap Masroni tanpa mau bicara detail. (*)

REPORTER : Maskur
EDITOR : Chatur






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here