“Potret” Warga Tabir Saat Melintasi Dua Musim..!

942
Potret banjir disakah satu titik wilayah tabir/Ist

MERANGIN,- Jika musim penghujan, maka wilayah Tabir dan sekitarnya, tak jarang menjadi langganan banjir ‘hebat’

Dan justru berbalik arah, saat melintasi musim kemarau. Sulitnya mendapatkan suplai air bersih, sepertinya bukan kabar baru yang terdengar di telinga.

Fakta tersebut bukan tanpa bukti. Pasalnya, nyaris setiap tahun, warga Tabir dan sekitarnya kerap menjadi langganan ‘setia’ Pemkab Merangin dalam mendapatkan bantuan,hanya karena musiba banjir yang menghantam wilayah setempat.

Dan kondisi miris lain-nya, juga terjadi saat kemarau panjang melanda. Sulitnya mendapatkan asupan air bersih, lantaran tak sedikit sumur warga yang kekeringan, hingga keberadaan air sungai tabir, yang sudah tak mampu lagi diandalkan, imbas dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) beberapa tahun terakhir, tentu menjadi ‘potret’ menyedihkan.

“ Beginilah yang terjadi terhadap warga Tabir nyaris tetiap tahun, saat dihadapkan dengan dua musim tersebut. Dan kami minta terhadap  Pemkab Merangin, bisa membangunkan satu desa satu sumur bor, demi mengamankan satu persoalan terlebih dahulu, yang tak lain saat kemarau datang seperti yang terjadi saat ini,” Ungkap Bajuri (50), salah satu tokoh masyarakat Tabir, saat dibincangi jejakjambi, beberapa waktu lalu.

Fakta tersebut pun, dibenarkan salah satu anggota DPRD Merangin, dari Dapil II Sudirman. Dikatakan-nya, kondisi tersebut sudah terjadi sejak lama, dan belum ada solusi yang tepat bagi warga saat dihadapkan dua musim tersebut.

 “ Memang begitu faktanya, mau gimana lagi. Bahkan dari berbagai hasil Reses yang saya gelar, tak sedikit warga setempat meminta Pemkab Merangin dapat membangunkan satu desa satu sumur bor. Jika tidak, maka setiap tahun warga akan merasakan sulitnya mendapatkan pasokan air minum,” Terang Sudirman, membenarkan.

Akankah setiap tahun Pemkab Merangin selalu men-anggarkan dana untuk bantuan warga yang tertimpa musiba banjir diwilayah tabir, hingga apakah belum ada solusi yang tepat agar warga tabir tidak lagi merasakan sulitnya mendapatkan pasokan air bersih saat kemarau panjang melanda..?

Menyoroti pertanyaan tersebut politisi senior dari partai PAN ini mengatakan, mungkin untuk menanggulangi banjir, perlu pemikiran yang tepat, guna dicarikan solusi. Sedangkan untuk persoalan sulitnya mendapatkan pasokan air bersih, mungkin memang sejauh ini,  tak ada solusi lain bagi Pemkab Merangin, selain membangun satu desa satu sumur bor.

” Sejauh ini, mungkin hanya persoalan sulitnya mendapatkan air bersih, yang bisa cepat di cari solusinya bagi Pemkab Merangin, walau sifatnya ber-angsur angsur dalam pembangunan satu desa satu sumur bor, sedangkan persoalan banjir,  juga harus cepat dipikirkan solusi tepatnya, agar setiap tahun Pemkab Merangin bisa terhindar dari persoalan bantuan terhadap warga tabir yang tertimpa musiba banjir,” Tukasnya. (*)

REPORTER : Chatur






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here