“Potret” Desa Air Liki Dan Keterpurukanya? CE-KE-DOT Video Perjalanannya…

570
Potret Desa Air Liki/Ist

MERANGIN,- Kalimat “KAMI BELUM MERDEKA” cukup layak disematkan terhadap Desa Air Liki, Tabir Barat, Merangin, Jambi ini.

Sulitnya menjangkau Desa Air Liki lantaran tidak adanya akses jalan, hingga harus menggunakan perahu ketek untuk menuju ke sana, tentu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) tersendiri bagi, siapa saja kandidat calon Bupati Merangin terpilih 27 Juni mendatang.

Tingginya, harga berbagai kebutuhan warga sehari hari, sudah tak mampu dielakan lagi, dan menjadi potret tersendiri, bagi warga Desa Air liki yang dihuni tak kurang dari seribu jiwa tersebut.

.”  Yang jelas berbagai kebutuhan sehari hari disana, harganya 2 sampai 3 kali lipat harga normal di Bangko. Misal untuk 3 Kg Gas Elpiji saja, disana sudah seharga Rp 50 Ribu. Itu pun terkadang sulit didapat. Desa kami benar benar terpuruk, meski Indonesia sudah Merdeka 73 tahun. Menyedihkan memang,” Ungkap Kades Air Liki Pulpi Marlinton, dengan mata terlihat berkaca – kaca saat dibincangi jejakjambi.com baru – baru ini.

Tak hanya persoalan mahalnya berbagai kebutuhan sehari hari, persoalan jika warga akan ber-urusan segala sesuatunya menuju Bangko seperti membuat Elektronik Kartu Tanda Penduduk (EKTP), dan lain sebagainya, maka sedikitnya warga harus menyiapkan kocek kantong minimal Rp 1 Juta.

” Ya, untuk jasa ongkos pulang pergi mengunakan perahu ketek, jika hitungan 1 orang, maka sudah keluar dana Rp 600 Ribu pulang pergi. Itu belum termasuk ongkos jasa ojek dari Desa Air Liki menuju Batu Gembung, dan biaya jasa ojek dari Ngaol – Bangko, hingga  biaya makan minum selama di Bangko. Jadi warga Desa Air Liki, tidak akan berani menuju Bangko jika tidak mengantongi dana Rp 1 Juta. Bukankah ini potret keterpurukan kami,” Jelasnya, seraya mengatakan jika video yang ada diatas tersebut, setahu dirinya  merupakan potret perjalanan dari Batu Gembung menuju Desa Air Liki, dengan menggunakan jasa ojek. (Bersambung)

REPORTER : Chatur

 






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here