Pjs Bupati H Husairin dan Sekda Merangin, saat memantau UNBK SMP Merangin/Humas Merangin

MERANGIN – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Merangin H Husairi bersama Sekda Merangin H Sibawaihi kemarin (23/4), memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah sekolah dalam Kota Bangko.

Pertama Pjs bupati memantau jalannya UNBK di SMP Negeri I Merangin. Di sekolah yang berada di kawasan Pasar Atas Bangko itu, ada empat kelas siswa yang mengikuti jalannya UNBK.

‘’Fasilitas komputer yang dimiliki sekolah ini baru empat kelas, itupun dibagi dalam tiga gelombang, pukul 08.00 Wib, Pukul 11.00 Wib dan Pukul 14.00 Wib. Ahlamdulillah semua berjalan lancar,’’ujar Pjs Bupati.

Selanjutnya Pjs bupati bertolak ke Gedung SMA Negeri I Merangin. Di sekolah itu ada dua SMP yang mengikuti jalannya UNBK, SMP Negeri 37 dan SMP Negeri 20 Merangin.

Kedua SMP itu jelas Pjs bupati, sekolahnya sama sekali belum punya fasilitas komputer dan sarana listrik yang belum memadai, sehingga untuk pelaksanaan UNBK harus menumpang di SMA Negeri I Merangin.

Beberapa waktu kemudian rombongan Pjs bupati bergeser ke MTs Negeri Merangin. Di MTs itu anak-anak peserta UNBK tidak berada di ruang kelas, mereka justru duduk lesehan di kaki lima ruang kelas.

Saat ditanya Pjs bupati mengapa UNBK belum dimulai, anak-anak menjawab kalau sistem komputer untuk pelaksanaan UNBK belum bisa interkoneksi dengan server pusat, sehingga UNBK belum bisa dimulai.

Pjs bupati berpesan kepada anak-anak peserta UNBK di setiap sekolah yang dikunjungi, untuk tidak segan-segan permisi dengan guru pengawas jika ingin izin keluar membuat air kecil, mengingat UNBK berlangsung sekitar dua jam.

” Kalau ada yang menahan-nahan untuk membuang air kecil itu tidak baik, selain bisa sakit nanti, juga akan mengganggu kosentrasi dalam mengerjakan soal-soal UMBK, jadi minta izin saja keluar tidak apa-apa,’’terang Pjs Bupati.

Rombongan Pjs bupati selanjutnya bertemu dengan Sekda bersama rombongan yang juga memantau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 4 Merangin. Di sekolah itu, Pjs bupati dan sekda memantau UNBK dari satu kelas ke kelas lainnya.

‘’Jadi selain doa, kita juga harus berusaha agar nilai yang didapat nanti bisa tinggi. Baca dan Cermati soal yang muncul dengan baik, sehingga tidak salah dalam pengisinya,’’Saran Sekda. (*)

 SUMBER : Humas Merangin

 






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here