Petasan Mulai ” Banjiri ” Merangin

331
PETASAN : Tampak Penjual Petasan. Foto Ist

MERANGIN, JEJAKJAMBI.COM – Tak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, tiap jelang bulan suci ramadhan, aksi para penjual petasan, mulai marak dipasaran. Berbagai petasan, dari berbagai ukuran bisa dengan mudah didapat warga yang ingin mendapatkanya.

Sejauh ini, sejumlah pedagang mengaku masih aman, dari razia yang dilakukan aparat, seperti yang terjadi pada tahun tahun sebelumnya.

“ Belum ada tuh, aparat yang melakukan razia. Artinya sejauh ini, masih aman. Entalah kedepanya, bisa jadi aparat akan melakukan razia,” Jelas  pria yang mengaku bernama Sunanto (45), yang tak lain,  salah satu penjual petasan yang berhasil dijumpai, jejakjambi.com, dikawasan pasar bawah Bangko, Sabtu, (20/5), sekitar pukul 17.00 WIB.

Jika berkaca pada tahun sebelumnya lanjut Sunanto, razia petasan cukup gencar dilakukan aparat Polres Merangin. Kondisi tersebut, sedikit memaksa dirinya dan pedagang petasan lainnya, untuk sedikit main kucing – kucingan dengan aparat.

“ Ya, begitu kondisinya. Kalau ada razia aparat, mau tidak mau, atau suka atau tidak suka, kita kucing – kucingan dengan aparat. Bahkan jika ada isu akan ada razia, tak jarang kita tidak berjualan hingga kondisi kembali normal, ,” Tukasnya.

Peryataan tak jauh berbeda, juga diakui Sudirman (41), Warga Sumatera Barat yang sudah 7 tahun terakhir  menetap diBangko. Dikatakan pria berambut lumayan gondrong ini, razia yang dilakukan aparat, sudah menjadi resiko pihaknya saat berjualan petasan.

“ Ya, kita sadar lah jika jualan petasan  itu dilarang. Namun, mau gimana, kita juga butuh makan untuk bertahan hidup. Intinya,   kalau jualan petasan ini, jika tidak untung besar tentu resikonya merugi banyak,” Terangnya.

Sayang, kedua pejualan petasan ini baik Sunanto maupun Sudirman, masih enggan memberikan peryataan dimana mereka mendapatkan petasan alias mercon yang mereka jual dipasaran.” Wah enggak berani bilang kita mas, tapi yang jelas disini ada kok, gudangnya. Mungkin aparat juga tahu itu. Kalau soal kenapa enggak ditangkap aparat, tanya sendiri aparat sanalah. Yang jelas saya enggak mau comment soal itu,” Tuntas Sudirman (*)

REPORTER : Chatur







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here