Pentingnya Membayar Pajak

91
Ilustrasi/Ist

ADA ‘Seribu’ manfaat jika Anda membayar pajak. Walau tidak dirasakan secara langsung, namun Anda bisa melihat dampak Perubahan-nya. Itu bisa dilihat dari berbagai pembangunan infrastruktur yang ada dan didanai oleh negara.

Pajak, adalah sumber utama penerimaan negara yang mana digunakan untuk membangun negara itu sendiri. Terdapat 70 persen pendapatan negara berasal dari pajak, jika tidak ada pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan.

Selain digunakan untuk pembangunan, penggunaan pajak juga digunakan untuk belanja pegawai. Oleh karena itu pajak menjadi pilar utama untuk membangun negara. Bahkan pajak juga digunakan untuk membiayai pengeluaran negara berifat selfliquiditing.

Contoh, pengeluaran untuk barang-barang ekspor. Ada juga pengeluaran yang diharapkan memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat seperti, pengairan dan pertanian.

Dampak lain-nya pentingmya membayar pajak, tanpa kita sadari, ternyata kitalah yang membangun negara ini, bukan pemerintah.

Pemerintah hanya menyediakan sarana atau ide untuk membangun saja. Anda bisa lihat dari hasil pajak, adanya berbagai fasilitas umum dan infrastruktur lain seperti sekolah, jembatan, jalan, rumah sakit.

Bahkan, gaji polisi, PNS, hingga Presiden sekalipun juga berasal dari pajak. Pajak juga digunakan untuk subsidi pangan, bahan bakar minyak serta kelestarian lingkungan hidup dan budaya, demi kemasalahan masyarakat.

Jadi, jika kita ingin membangun negara Indonesia yang makin baik dari segi fasilitas, sarana, prasarana, dan layanan, kita harus bayar pajak lebih dulu. Dengan begitu, pemerintah akan mendapat sumber dana yang memadai untuk memenuhi segala kebutuhan warna-nya. (*)

Penulis & Sumber : Maulanaihsan, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jambi



















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here