Pemkab Merangin Canangkan Germas 2018

60
Wabup Merangin sedang memeriksa kesehatan/Ist

MERANGIN,- Wakil Bupati (Wabup) Merangin H Mashuri bersama ibu dan cucu kemarin (9/12), mencanangkan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Kabupaten Merangin 2018

Acara yang dihadiri Ny Muhani dari Kemenkes RI Direktorat Promosi Kesehatan Dirjen Kesehatan  Masyarakat tersebut, difokuskan di Jalan Jalur dua depan Kantor Bupati Merangin.

Juga hadir Plt Gubernur Jambi diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM H A Bastari, Plt Sekda H Hendri Maidalef, Kadis Kesehatan Jambi dr Samsiran Alim dan Kadis Kesehatan Merangin dr Solahudin.

Pada acara yang berlangsung meriah, diwarnai berbagai kegiatan mulai dari pelayanan kesehatan sampai ajakan rutin mengkonsumsi buah dan sayur itu, wabup menegaskan pentingnya Germas.

‘’Germas adalah salah satu solusi yang sangat besar manfaatnya bagi kesahatan kita. Kami akan menindaklanjuti kegiatan ini sampai ke pelosok desa-desa di Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup.

Saat ini tegas wabup, semua dihadapi oleh penomena transisi epidemiologi yang memikul beban ganda di sektor kesehatan.  Dimana penyakit menular belum mampu diturunkan insiden kasus/penderitanya, disusul lagi penyakit tidak menular.

Penyakit tidak menular ini sangat cepat menimbulkan kematian dan menjangkiti semua tingkatan umum laki-laki dan perempuan, jika gaya hidup (life style) dan pola makan tidak sehat.

Meningkatnya penyakit tidak menular ini jelas wabup, dipacu oleh faktor resiko diantaranya, kurang beraktivitas fisik, banyak menghabiskan waktu dengan nonton televisi, bermain games dan terlalu lama di depan komputer ataupun handphone.

Pola makan yang berubah, dimana kecenderungan masyarakat untuk makan aneka makan olahan, siap saji, tinggi gula, garam dan lemak serta kurang mengkonsumsi makanan berserat.

‘’Kita itu sangat penting makan buah-buahan dan sayur-sayuran, sehingga tidak menyebabkan gangguan pada pencernaan.  Anak-anak remaja saat ini sudah terbiasa dengan minuman beralkohol serta terbiasa merokok,’’terang Wabup.

Budaya tidak sehat itu, harus cepat dirubah dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengatur pola makan yang seimbang. Ditegaskan wabup, Merangin tidak akan jadi Mantap, apabila masyarakatnya tidak sehat.(*)

 SUMBER : Humas Pemkab Merangin

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here