Pemerataan Guru Merangin Hanya “Mimpi”

250
Kadiknas Merangin M Zuber

MERANGIN – Wancana keras yang selalu didengungkan, Pemkab Merangin dari tahun ke tahun, salah satunya tak lain terkait program pemerataan guru. Namun, mirisnya meski program tersebut, terus dikumandangkan, faktanya hingga saat ini, Merangin masih belum mampu menembus program yang satu ini.

Informasi yang berhasil dihimpun, hingga saat ini ada banyak wilayah terisolir Merangin yang masih saja mengeluhkan kekurangan guru. Sementara dipusat kota Bangko, terjadi pembludakan guru.

“ Kami disini hanya ada beberapa orang guru saja, begitulah yang kami rasakan pak. Kekurangan tenaga pengajar itu bukan persoalan baru bagi kami. Ini sudah terjadi berpuluh puluh tahun lamanya ,” Ungkap Syarif (34), Warga Air Liki, Kecamatan Barat, Merangin, saat bertutur, kemarin.

Lalu bagaimana tanggapan Pemerintah Kabupaten Merangin terkait program yang selalu dijual dari tahun ke tahun tersebut? Sekretaris Diknas Merangin M Zubir saat dibincangi justru mengakui jika pemerataan guru bukan persoalan mudah untuk dilakukan.

Bahkan hingga saat ini, Merangin memang masih belum mampu menembus program yang diharapkan banyak masyarakat ini. Zubir sendiri mengklaim pemerataan guru, tak akan mampu diwujudkan Merangin hanya dengan mengandalkan pemerintahan kabupaten Merangin dalam hal ini eksekutif .” Untuk persoalan yang satu ini, tak akan mampu dijalankan, jika DPRD Merangin tidak mensuport habis,” Tandasnya.

Meski demikian lanjut Zubir, pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pemerataan guru Dibumi Tali Undang Tambang Teliti ini. Salah satunya, tentu dengan tidak mudah memberikan izin bagi para sang pendidik yang sudah tugas di berbagai wilayah terisolir Merangin, untuk pindah ke pusat kota.

” Selain itu, program lain yang kita jalankan jika nanti kembali ada guru kontrak, maka para guru kontrak tersebut akan kita tugaskan dimana wilayah guru tersebut tinggal. Sehingga sedikit demi sedikit, program pemerataan guru tersebut bisa berjalan,” Katanya.(*)

REPORTER : Chatur







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here