PAD Alat Berat “Nyungsep”…?

64
Ilustrasi/Ist

MERANGIN,- Tak bisa dipungkiri, jika hampir setiap tahun Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) alat berat Merangin, tak lepas dari kucuran anggaran yang bersumber dari APBD Merangin.

Tujuan-nya, tentu agar pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Merangin bisa didongkrak dari sektor yang satu ini.

Namun sayang, hingga saat ini data yang berhasil didapat jejakjambi.com, UPTD alat berat Merangin baru bisa menghasilkan sumber PAD tak kurang dari Rp 200 Juta, dari target PAD yang dibandrol Pemkab Merangin senilai Rp 800 juta untuk tahun 2018.

“ Sampai hari ini, laporan yang kita terima terkait PAD alat berat baru senilai Rp 200 Juta. Saya pikir jika dilihat dari target PAD yang dipatok, rasanya akan sangat sulit ditembus mengingat pergantian tahun tinggal 2 bulan lagi,” Ungkap Amir Ahmad, Kepala Badan Pengelola Pajak Dan Retrebusi Daerah (BPPRD), saat dibincangi baru baru ini.

Apa persoalan yang terjadi, higga PAD alat berat selalu sulit ditembus setiap tahun? Bahkan jika dibandingkan dengan aliran dana APBD yang digelontorkan untuk alat berat tersebut, secara sistimatis tak pernah ada kata yang bisa menguntungkan Pemkab Merangin, jika dilihat dari penghasilan PAD dari sektor alat berat?

Mustarhadi sebagai Kepala UPTD alat berat Merangin, saat dikonfirmasi mengakui jika PAD alat berat Merangin, dirasa kembali akan sulit ditembus 2018. Persoalan yang dihadapi,  lantaran alat berat banyak yang berumur tua.

“ Kondisi tersebut menjadi faktor utama, sulitnya mencapai PAD alat berat. Selain itu, pihak ketiga atau rekanan banyak yang melakukan peminjaman alat berat diluar, ”Akunya.

Sementara itu, beberapa warga yang sempat dibincangi terkait PAD alat berat yang masih jauh dari harapan ini, justru memberikan tanggapan miring terkait kinerja UPDT alat berat.

“ Kalau dilihat dari capaian PAD, tentu tidak berlebihan jika kinerja UPTD alat berat, perlu di evaluasi. Ini sudah penghujung tahun, namun target PAD alat berat masih jauh dari harapan,” Timpal Roni salah satu LSM yang ada di Merangin. (*)

REPORTER : Rabu Iskandar
EDITOR : Chatur

 

 






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here