Nekat…! Teryata Puluhan Ruko Ambruk Tak Miliki IMB

260
Bangunan Ruko Yang Ambruk difoto dari jarak kejauhan/Ist

MERANGIN,-Nekat, 10 Rumah Tokoh (Ruko), yang ambruk dijalan kawasan H Makalam Masumai Kecamatan Bangko, Merangin, Rabu, (16/1), sekitar pukul 05.45 WIB, diduga merupakan bangunan ilegal.

Dari informasi yang dihimpun Ruko tersebut, sebelumnya sempat menjadi polemik saat proses pembangunan tengah berlangsung, lantaran posisi pembangunan tidak sesuai aturan. Ruko itu dibangun di Daerah Median Jalan (DMJ) dan juga Daerah Aliran Sungai (DAS).

Akibat-nya, meski pihak terkait tidak memberikan izin untuk membangun Ruko tersebut, namun belakangan disinyalir ada oknum hebat yang membekingi, hingga akhirnya Ruko tersebut tetap dibangun dibalik persoalan demi persoalan yang terjadi saat itu.

Setelah proses pembangunan sudah berjalan dengan progress tak kurang dari 40 persen, Bupati Merangin Al Haris juga sempat mempersoalkan bangunan tersebut, bahkan orang nomor satu di Merangin tersebut sempat meminta agar pemilik Ruko tersebut menghentikan pembangunan. Namun faktanya, sama sekali tak diindahkan.

Terpisah Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Merangin Jangcik Mohza tak menapik, jika bangunan Ruko ambruk tersebut tidak mendapatkan rekomendari IMB dari dinas teknis.

“Izin IMB tidak kita keluarkan,”  Tegas Jangcik Mohza.

Kata Dia, untuk IMB harus ada rekomendasi dari Dinas PU, namun jika mereka tidak mengeluarkan rekomendasi, maka izin tidak bisa dikeluarkan.

“Teknisnya di Dinas PU. Tidak ada rekomendasi IMB dan kita tidak keluarkan izin,” katanya.

Hal itu juga diungkapkan oleh Kabid Cipta Karya Dinas PU Merangin Muzakkir. Ditegaskanya, selaku pihak teknis, pihaknya tidak pernah memberikan rekomendasi untuk IMB Ruko tersebut.

Setidaknya, ada tiga alasan dasar pihaknya tidak merekomendasikan penerbitan IMB bangunan ruko itu, masalah Daerah Median Jalan (DMJ), terkait Daerah Aliran Sungai (DAS) dan struktur tanah yang labil.

“Bahkan datang langsung orangnya ke ruangan saya, tetap saya tidak rekomendasikan, karena dari DMJ dan DAS itu tidak boleh ada bangunan disitu,” katanya.

“Dari struktur tanah, kemiringan dan juga struktur bangunan juga tidak layak untuk adanya bangunan, apa lagi ada bangunan ruko. Jadi kami tidak ada mengeluarkan rekomendasi untuk penerbitan IMB,” Tandasnya.

Dilain pihak H Najemi, pihak yang membangun ruko 10 pintu tersebut juga mengakui jika bangunan ruko tersebut, belum memiliki izin.” Memang belum ada izin IMB, karena masih dalam proses kepengurusan hingga saat ini,” Ucapnya. (*)

REPORTER : Rabu Iskandar
EDITOR : Chatur





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here