Nah Loh…Risiko FaceApp, Wajahmu Bakal Nampang di Papan Iklan Rusia

327
Ilustrasi/Ist

JEJAKJAMBI.COM,- Media sosial dipenuhi foto wajah menua warganet yang disunting melalui aplikasi FaceApp. Bahkan, aplikasi itu telah berhasil menyimpan lebih dari 150 juta wajah dan identitas, menurut Forbes.

Menurut ketentuan layanan FaceApp, perusahaan memiliki lisensi tanpa royalti yang tak dapat dibatalkan untuk melakukan apa pun terhadap data wajah pengguna yang terhimpun.

“Anda memberi FaceApp lisensi, sublisensi abadi, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif bebas royalti. Lisensi dapat digunakan untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, menerbitkan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, dan menampilkan konten pengguna tanpa kompensasi kepada Anda,” begitulah sedikit bunyi syarat dan ketentuan aplikasi tersebut, dikutip dari Forbes (19/7/2019).

Konten pengguna yang dimaksud meliputi nama pengguna, wajah ataupun konten yang dibagikan pada atau melalui aplikasi FaceApp. Semuanya tersimpan dalam server cloud dan pengembang memiliki lisensi untuk mengolahnya. Tentunya, hal itu memiliki konsekuensi, seperti yang dikatakan oleh Peter Kostadinov dari media teknologi, PhoneArena.

“Wajah Anda mungkin akan muncul di papan iklan di Moskow. Namun, kemungkinan paling besar itu akan digunakan untuk melatih beberapa algoritma pengenalan wajah berbasis AI,” kata Kostadinov.

Belajar dari kasus kebocoran data Facebook, data yang dikumpulkan sebuah aplikasi tak selalu sesuai dengan tujuan yang pengguna asumsikan. Itu tidak selalu disimpan dengan aman dan secara pribadi. (*)

SUMBER : viva.co.id























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here