Korban Tewas Capai 170 Orang, Corona ‘Tembus’ 18 Negara

166
Potret Kota Wuhan China saat ini/Ist

JEJAKJAMBI.COM,- Virus corona terus memakan korban. Dalam sehari, pejabat kesehatan China mengatakan ada 38 orang lagi di China yang meninggal akibat wabah virus corona yang mematikan.

Ini menjadikan total korban meninggal akibat virus yang berasal dari kota Wuhan ini mencapai 170 orang per Kamis pagi (30/1/2020). Sementara itu, jumlah korban terjangkit virus ini sudah mencapai 7.711 kasus, bertambah sebanyak 1.737 kasus baru dalam sehari.

Meski demikian, China meyakinkan ada sebagian penderita yang berhasil sembuh. “Mereka (China) juga mengatakan 170 orang telah disembuhkan dan dipulangkan,” tulis CNBC International, mengutip Komisi Kesehatan Nasional China.

Namun begitu sejauh ini, jumlah negara yang melaporkan penyebaran kasus virus corona belum bertambah sejak Rabu. Setidaknya ada dua negara baru, yakni Uni Emirat Arab dan Finlandia, yang menemukan kasus positif corona di negaranya.

Ini menjadikan sudah ada total 18 negara, termasuk China, yang menjadi mengonfirmasi kasus virus mirip SARS ini. Berikut daftar lengkap sejumlah negara yang sudah mengumumkan kasus corona di negaranya:

Thailand: 14 kasus
Singapura: 10 kasus
Taiwan: 8 kasus
Jepang: 7 kasus
Malaysia: 7 kasus
Australia: 7 kasus
AS: 5 kasus
Prancis: 5 kasus
Korea Selatan: 4 kasus
Vietnam: 2 kasus
Kanada: 2 kasus
Kamboja: 1 kasus
Nepal: 1 kasus
Sri Lanka: 1 kasus
Uni Emirat Arab: 1 kasus
Jerman: 1 kasus
Finlandia: 1 kasus

Corona ditemukan mewabah pertama kali di Wuhan China. Wuhan sendiri adalah ibu kota provinsi Hubei, yang merupakan pusat industri di China.

Wabah corona makin menyebar karena libur Tahun baru Imlek yang membuat mobilitas warga China di dalam dan ke luar negeri makin tinggi. Karenanya China menutup Wuhan dan sekitarnya.(*)

SUMBER : www.cnbcindonesia.com

























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here