“Kami Bukan Superman” Tak Satu Sen Pun Anggaran Covid 19 di Provinsi Jambi, Ada Untuk Bantuan Bagi Jurnalis..?

2010
Potret liputan. foto hanya ilustrasi/Ist

JAMBI,- Lebih dari satu bulan terakhir, kabar soal pandemi virus corona (covid-19) di provinsi Jambi, menjadi kabar yang terus dinanti para pembaca di berbagai pelosok.

BACA JUGA : PSM Mulai Salurkan Bantuan Para Donasi..! “Masya-Allah” Donasi Uang Cash Capai Rp27 Juta, Dan Ratusan Paket Sembako

Para pekerja jurnalis yang aktiv diberbagai media masa, media online, hingga media visual yang bertugas di Provinsi Jambi, terus memberikan up-date terkini, terkait perkembangan kasus corona.  

BACA JUGA : Lagi, Enam Warga Merangin Positif Corona Hasil Rapid Test..! Ini Riwayat Perjalanannya.?

Bahkan tak sedikit dari para jurnalis, berani melakukan liputan langsung terhadap warga jambi yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tanpa dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) yang mumpuni secara medis.

Namun mereka (para jurnalis,red) tetap melakukan peliputan, tanpa ada rasa takut sedikit pun, virus tersebut akan menempel dan menggelantung ditubuh para pelaku jurnalis.

Kobaran semangat untuk terus menggali berbagai informasi terkini tersebut dilakukan, tentu demi satu tujuan. iya, memberikan informasi terbaik, yang terus dinantikan para pembaca setia yang mungkin tengah stay di rumah sesuai arahan pemerintah provinsi Jambi.

BACA JUGA : Lagi, Satu Warga Merangin Dilarikan ke RSUD Adbunjani..! Dinyatakan Positif Corona Hasil Rapid Test

Sejatinya, kinerja para jurnalis yang tanpa mengenal lelah dan rasa takut tertular virus pandemi di dunia tersebut, rasanya tak terlalu berlebihan, jika sedikit perlu di apresiasi pemerintah provinsi Jambi, di berbagai daerah dan kota.

Namun mirisnya, hingga berita ini dirilis, tak satu sen anggaran dengan angka fantastis demi penanganan covid 19 di masing- masing daerah dan kota yang ada di jambi, ada tercurah untuk bantuan bagi para jurnalis.

“ Kami bukan robot, kami juga bukan superman. Memang ini profesi kami, namun kami juga ada keluarga di rumah yang menanti kami pulang kerja dengan selamat tanpa menyebar virus.

” Dan mereka juga (keluarga kami, red) butuh makan dan asupan vitamin, demi menjaga stamina disaat progran stay dirumah dikumandangkan pemerintah diseluruh provinsi Jambi,” Ungkap Doni Sobri salah satu wartawan senior yang juga sekretaris PWI Merangin, saat dibincangi jejakjambi,com, baru-baru ini.

Mungkin lanjut Doni, ada diantara para jurnalis yang malu atau segan memberikan pernyataan ini.

Tapi bagi dirinya yang sudah berkecimpung di dunia jurnalis tak kurang dari dari 25 tahun, kasus virus yang sudah mendunia ini, sama sekali tidak membuat dirinya malu untuk berbuat bagi para jurnalis yang adi di provinsi Jambi, lantaran dirinya paham betul, jika para pelaku jurnalis juga butuh sedikit perhatian pemerintah, disaat ekonomi tengah ambruk total begini.

“ Saya pantau memang hingga saat ini, tak satu pemerintah daerah dan kota yang ada di jambi yang memberikan empati atau bantuan terhadap rekan – rekan kita jurnalis yang  aktiv mengabarkan kasus corona di lapangan.

” Padahal nyawa pun mereka (warrtawan,red) dipertaruhkan demi memberikan kabar terbaik dalam perkembangan kasus corona di jambi.

” Jujur saja, kondisi ini, cukup membuat saya sangat prihantin. Padahal kita semua tahu, jika anggaran yang digelontorkan demi penanganan covid 19 di Kabupaten dan Kota yang ada di Jambi, tidaklah sedikit,” jelasnya.

Sejatinya lanjut Doni, tak salah jika Ia menyatakan rasa prihatin ini terhadap para pemerintah daerah dan kota yang ada di provinsi Jambi, jika melihat ihwal atau fakta yang terjadi dilapangan saat ini .

BACA JUGA : Dua Kali Rapid Test, Pengusaha Ini Dinyatakan Negatif Corona.. Mirza : “Ini Bukan Aib, Jangan Malu Untuk Periksakan Diri”

” Karena Mereka  (wartawan,red) juga manusia, bukan superman.

” Meski demikian, teruslah berkarya para  jurnalis di Jambi, tanpa menyebar hoax, meski nyawa menjadi taruhan.

” Ingat ada tinta emas nun jauh disana yang akan menjadi sejarah, jika nanti kalian (para wartawan,red) justru menjadi korban berikut-nya dari keganasan virus laknat tersebut saat menjalankan tugas mulia itu,”Ucap Doni ber-empati dan mengakhiri pembicaraan-nya .

Diketahui rincian anggaran penanganan covid-19 kota dan Kabupaten di provinsi Jambi.

* Kota Jambi Rp 245,16 Miliar
* Pemprov Jambi Rp 200 Miliar
* Bungo Rp 114 Miliar
* Tanjabbar Rp 58,3 Miliar
* Kerinci Rp 35 Miliar
* Merangin Rp 28,7 Miliar
* Tebo Rp 26 Miliar
* Sungai Penuh Rp 25 Miliar
* Sarolangun Rp 18 Miliar.
* Tanjabtim Rp…  (*)

REPORTER : Chatur







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here