Jelang Pilkada, 24 Ribu Lebih warga Merangin Tercatat Belum Miliki E-KTP

150
Jonizen/jejakjambi.com

MERANGIN,- Semakin tinggi partisipasi warga dalam memberikan hak suara pada pesta demokrasi Merangin 27 Juni 2018 mendatang, tentu saja merupakan salah satu kunci sukses berlangsungnya Pilkada Merangin.

Guna mendongkrak partisipasi warga Merangin dalam pesta demokrasi Merangin tersebut, tentu bukan perkara mudah.

Apalagi sejauh ini, data yang berhasil dihimpun jejakjambi.com, dari Dinas Kependudukan & Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin, hingga akhir Maret 2018, terdata tak kurang dari 24 Ribu warga Merangin wajib Elektronik Kartu Tanda Penduduk  (E-KTP), justru sama belum memiliki E-KTP.

” Ya tidak salah lagi, jika hingga akhir Maret 2018, tak kurang dari 24 Ribu warga Merangin wajib E-KTP, tercatat sama sekali belum memiliki E-KTP,” Ungkap Jonizen Sekretaris Dukcapil Kabupaten Merangin, kepada jejakjambi.com baru – baru ini.

Ditegaskan Jonizen, jumlah 24 ribu lebih warga Merangin yang belum memiliki E-KTP tersebut, akan terus di’geber’ Dukcapil Merangin, agar diakhir 2018 mendatang, semua warga Merangin yang selama ini belum memiliki E-KTP, sudah mengantongi E-KTP resmi.

” Target kita akhir 2018, total 24 ribu warga Merangin yang belum memiliki E-KTP tersebut, sudah memiliki E-KTP,” Jelasnya.

Sejauh ini, demi mendongkrak partisipasi warga Merangin dalam memberikan hak suara pada Pilkada Merangin, sejak beberapa bulan terakhir, Dukcapil Merangin sudah menerbitkan dua katagori Surat Keterangan (Suket) E-KTP.

Suket pertama, Suket E-KTP tanpa perekaman. Suket  kedua, Suket E-KTP sudah melalui perekaman.

” Untuk Suket tanpa perekaman, hanya berlaku untuk turut serta Pilkada Merangin. Sedangkan Suket melalui proses perekaman, bisa digunakan warga sampai 6 bulan kedepan sejak Suket diterbitkan, dan Suket melalui proses perekaman ini, bisa digunakan untuk keperluan apapun. Silakan datang ke kantor Dukcapil untuk membuat Suket  tanpa perekaman, maupun suket sudah melalui perekaman,” Jelas  Jonizen.

Dan sejak Suket tersebut diberlakukan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan lanjut Jonizen, tak kurang dari 2.967  warga sudah membuat Suket tersebut.” Sudah cukup banyak warga yang membuat Suket, demi ikut serta dalam Pilkada Merangin,” Tutupnya. (*)

REPORTER : Chatur













LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here