Jalan Pulau Terbakar – Tanjung Beringin Rusak Berat..! Warga Tuding PT AIP Sebagai Penyebabnya..?

376
Potret salah satu titik jalan yang rusak/Ist

MERANGIN,- Tak kurang dari tiga bulan terakhir, Warga Desa Pulau Terbakar dan warga Desa Tanjung Beringin,  Kecamatan Tabir Barat, Merangin, cukup dikeluhkan dengan persoalan rusaknya akses jalan utama  di dua desa setempat.

Warga menuding, rusaknya akses jalan tak kurang dari 15 KM tersebut, diduga akibat jalan penghubung ke-dua desa tersebut dilintasi truk pengangkut sawit milik PT Agro Indah Persada (PT. AIP).

BACA JUGA : Heboh Virus Corona di Jambi..! Dan Ini Update Terkini di Merangin..!

Bahkan dari keterangan beberapa warga setempat, truk pengangkut sawit milik perusahaan PT AIP tersebut, terus melakukan aktivitas pengangkutan sawit, meski curah hujan tinggi. Dan lagi – lagi, kelebihan tonase menjadi penyebab utama kerusakan akses jalan.

Seperti dikutip disalah satu akun facebook dengan nama akun: Aris Ekspend (tanpa editing,red). “Yth..Bapak pimpinan AIP (Agro Indah Persada)

Tolong lah pak di perbaiki jalan Di UPT Pulau Tebakar kecamatan Tabir Barat ni , karena sesuai perjanjian dg masyarakat UPT Pl tebakar bahwa pihak PT Akan meperbaiki jalan yg dilalui mobil-mobil PT untuk mengangkut apapun kebutuhan PT, tapi sekarang kondisi jalan sangat memprihatinkan pak, kalau memang tak sanggup lagi perbaiki jalan itu ya…balikkan saja ke pemkab merangin”.

Bahkan saat dikonfrontir pemilik akun facebook Aris mengatakan, jika setiap hari truk perusahan lalu lalang mengangkut buah sawit.

“ Mobilnya penuh penuh, melebihi muatan pada umumnya, kalau aktivitas ini dibiarkan terus menerus dan tidak di hentikan, tentu akan sangat merugikan kami. Perusahan terus mendapatkan untung, sedangkan kami mendapatkan jatah jalan yang rusak,” Ujarnya.

Masih dikatakan Aris, jika sebelumnya Pemerintah Kabupaten Merangin sudah membangun jalan tersebut, demi perbaikan ekonomi warga.

“ Kalau saat ini, aktivitas warga benar benar terganggu akibat akses jalan yang rusak parah ini,” Timpalnya.

BACA JUGA : Gawat..! Dimenu Makan Pasien Menempel Telur Lalat..? Ini Terjadi di RSUD Chatib Quzwain

Terpisah Kepala Desa Tanjung Beringin Akmaludin saat dibincangi, membenarkan rusak beratnya akses jalan penghubung antar dua desa, akibat dari aktivitas perusahaan.

“ Sebenarnya dulu kita pernah membuat kesepakatan dengan pihak perusahaan untuk memperbaiki jalan yang rusak, dan tidak melakukan pengangkutan buah sawit, ketika musim penghujan.

“ Tapi kesepakatan itu sepertinya tidak diindahkan perusahaan demi keutungan semata,” Tukas Akmaludin.

Selain itu lanjut Akmaludin, pihaknya juga sudah berupaya menyampaikan permasalahan ini ke pihak perusahaan.

“ Akan tapi selalu mendapat jawaban  yang tidak jelas,” Singkatnya.

Sementara itu, Juana yang mengaku sebagai Kepala Perkebunan PT AIP saat coba dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui akan persoalan tersebut.

Bahkan Juana terkesan ingin mengelak dari berbagai pertanyaan akan rusaknya akses jalan yang dikeluhkan dua warga desa setempat.

BACA JUGA : Pencitraan Atau Murni Demi Rakyat? Terkait PDI-P Jambi akan Lakukan Pemanggilan Anggota Dewan Inisial FA

 “Maaf pak yang berkompeten menjawab masalah ini, adalah Manajer Area yang berada di Padang.

“ Kami disini (Merangin, Red), hanya menjalankan apa yang sudah di program kan oleh Manajer Area,” Singkatnya berlalu.(*)

REPORTER : Zintir
EDITOR : Chatur

 

























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here