Jaga Kelestarian Adat dan Budaya, Warga Kungkai Gelar “Penyalangan Datuk Bandar” Hingga Gelaran Pacu Perahu

622
Lomba pacu perahu yang berlangsung/Ist

MERANGIN,- Ada yang menarik dari momen lomba pacu perahu, yang sudah mentradisi dari tahun ke tahun di wilayah Desa Kungkai, Bangko, Merangin, baru – baru ini.

Dibalik agenda lomba pacu perahu yang digelar Jumat, (29/6), atau setiap usai Hari Raya Idul Fitri ini, warga setempat menggelar acara adat istiadat berupa Penyalangan Datuk, (atau penghargaan untuk kepala suku, atau Datuk Bandar, dari anak buah anak keponakan, dan halal Bihalal,(red).

BACA JUGA : drg Sony Dilantik Dua Kali Hanya Berselang Satu Hari..! Berman Saragih Dituding Sebagai Penyebabnya..?

Terdapat lima Datuk ambil bagian dalam acara tersebut. Selain Datuk Bandar sebagai panitia, Datuk Sangkoeno, Datuk Kayo, Datuk Puding, dan Datuk Suko Brajo. Dan Suku atau Datuk Sangkoeno dalam lomba pacu perahu kali ini, yang beruntung dan dinobatkan sebagai juara satu dan dua, sedangkan tuan rumah hanya mampu duduk diposisi ke-tiga.

Selain agenda pacu perahu, momen tari tarian adat, Negeri Datuk Nan Balimo, juga menambah keceriahan gelaran adat tersebut.

Mattan KB satu dari Datuk Bandar dalam sambutanya mengaku cukup terharu, atas Penyalangan Datuk Bandar, yang diselenggarakan anak buah anak penakannya.

“Puji dan syukur atas suksesnya acara Penyalangan Datuk Bandar, Semoga ke-depannya selalu ada inovasi dan kreasi dari anak buah,dan anak penakan Datuk Bandar,” Katanya penuh harap.

BACA JUGA : Akhirnya Pimpinan Kantor Mandiri Micro Business Cluster Bangko Resmi Dipolisikan..?

Tak hanya itu, Herman salah satu semendo nenek mamak Datuk Bandar juga turut mengapresiasi atas Penyalangan anak buah anak penakan Datuk Bandar.

“Sayo salah satu dari Semendo Datuk Bandar, sangat mengapresiasi acara Penyalangan Datuk Bandar ini,”Singkatnya.

Terpisah, Aan Driantoni yang tak lain ketua umum panitia penyelenggara acara Penyalangan Datuk Bandar, sekaligus Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kungkai, merasa senang hati dengan suksesnya acara adat dan budaya Desa Kungkai Kali ini.

“Sayo selaku ketua panitia dalam acara ini sangat puas sekali, karena acara ini bisa berjalan sukses berkat kerja sama semua anak buah kemenakan Datuk Bandar. Ya, terima kasih semua-nya,” Tutupnya.(*)

REPORTER : Edo Guntara
EDITOR : Chatur
















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here