Ini Baru Super TOP..! Melalui Perda Bantuan Hukum, Pemkab Merangin Siap Bantu Warga Miskin Tersandung Perkara?

55
Pjs Bupati Merangin H Husairi/Ist

MERANGIN,JEJAKJAMBI,- Kabar yang satu ini, rasanya tak berlebihan jika kinerja Pemkab Merangin layak sedikit diberi ‘aplus’. Betapa tidak, dalam waktu yang mungkin tidak lama lagi, Pemkab Merangin segera meluncurkan Peraturan Daerah (Perda), terkait ‘Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin’.

Bagaimana nanti Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang akan disahkan menjadi Perda tersebut berjalan akankah Perda tersebut bisa berjalan efektif demi membantu warga miskin yang berperkara Dibumi Merangin?

Pjs Bupati Merangin Husairi melalui Kabag Hukum Setda Merangin Firdaus mengatakan, jika bantuan hukum terhadap warga Merangin yang akan segera diperdakan tersebut, memang diperuntuhkan bagi semua lapisan masyarakat Merangin dengan katagori ‘warga miskin’.

” Prosedurnya enggak terlalu repot kok, secara umum bagi warga yang kurang mampu dan ingin mendapatkan bantuan hukum lantaran tengah beerperekara, maka Pemkab Merangin siap menfasilitasi bantuan hukum bagi warga kurang mampu tersebut. Dan terkait prosedurnya,  secara umum surat rekomendasi dari Kades yang menyatakan benar jika yang bersangkutan berstatus warga miskin. Nah, surat tersebut nanti menjadi rujukan ke Camat setempat, hingga berujung pengajuan terhadap Bagian Hukum Pemkab Merangin guna ditindaklanjuti,” Jelas Kabag Hukum Firdaus, saat dikonfirmasi jejakjambi.com.

Melalui rujukan surat itulah tambah Firdaus, nantinya bagian hukum Pemkab Merangin akan memberikan bantuan hukum, dengan memberikan warga berperkara itu pengacara secara cuma – cuma.

” Yang jelas bantuan hukum ini murni, untuk masyarakat miskin Merangin. Berapa pun ancaman hukuman bagi warga yang bermasalah, itu tidak menjadi persoalan. Dan hal lain untuk diketahui jika bantuan hukum tersebut akan berlangsung hingga perkara yang dialami warga kurang mampu tersebut berkekuatan hukum tetap atau inkracht, ” Jelasnya.

Mudah mudahan lanjut Firdaus, setelah Ranperda tersebut disahkan menjadi Perda, keberadaan Perda Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin, tersebut bisa bermanfaat banyak bagi warga.

” Dibeberapa daerah, Perda ini sudah berjalan, dan dalam waktu dekat di Merangin sudah bisa kita jalankan, setelah sah menjadi Perda. Dan saat ini Ranperda tersebut, masih dalam proses menjadi Perda,” Tukasnya.(*)

REPORTER : Rhomadan. C
EDITOR : Chatur

 























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here