Ingin Tahu Berapa Aliran DAK Bidang Kesehatan Merangin 2018..? Ini Jawaban Dinkes..!

201
Ilustrasi alat kesehatan/ Ist

MERANGIN,- Kabar yang satu ini, tak salah jika dikatakan kabar yang cukup informatif, khusus bagi warga Bumi tali Undang Tambang Teliti Merangin.

Setidaknya, melalui kabar ini, warga Merangin bisa tahu berapa total kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK), bidang kesehatan yang segera akan digelontorkan di Bumi Merangin 2018 ini. Dan masih melalui informasi ini, jika ending-nya warga Merangin bisa ikut serta melakukan kontrol pengawasan salah satu aliran dana pusat yang jumlahnya tentu tidak sedikit ini.

Dari informasi yang didapat jejakjambi.com dari kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Merangin, untuk aliran dana DAK 2018, memang sedikit mengalami kenaikan, jika berkaca pada aliran dana DAK 2017 silam.

Dimana jika tahun 2017, aliran dana DAK Merangin menembus angka tak kurang dari Rp 6 Miliar lebih, namun ditahun 2018 ini, Merangin mendapatkan dana DAK bidang kesehatan senilai Rp 7,5 Miliar lebih.

Lalu kemana saja aliran dana DAK 2018 senilai Rp 7,5 Miliar ini, akan dialirkan di Merangin? Kadinkes Merangin dr Solahuddin melalui Sub Bagian Program & Keuangan Dinkes Merangin Haris N SKM mengatakan, total anggaran DAK Dinkes Merangin 2018 ini,  terbagi dua bagian, bagian Sarana dan Prasarana.

Untuk Sarana kata Haris, terdapat peningkatan Pembangunan Non Rawat Inap (PNRI) menjadi Pembangunan Rawat Inap (PRI), di Puskesmas Sunber Agung, dengan anggaran tak kurang dari Rp 600 Juta.

Selanjutnya ada penambahan ruangan kesehatan, yang terdapat dibeberapa titik diantaranya penambahan ruang pelayanan kesehatan puskesmas Pamenang, senilai 1 Miliar, Puskesmas Tambang Emas senilai Rp 700 Juta, Puskesmas Aur Beduri senilai Rp 240 Juta, Puskesmas Pasar Masurai senilai Rp 200 Juta.

Tak hanya itu, juga terdapat pembangunan Rumah Dinas Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sungai Manau senilai Rp 200 Juta.

Selain itu, juga tercatat aliran dana DAK untuk prasarana. Antara lain pembelian mobil Single Gardan untuk Puskesmas Keliling (Pusling), senilai Rp 330 Juta, dengan titik lokasi, Puskesmas Sumber Agung, Puskesmas Bangko Barat, Tabir Lintas, dan Puskesmas Sungai Manau.

Kemudian Pusling lagi dengan pembelian mobil Double Gardan, untuk Muara Siau satu unit senilai Rp 450 Juta. Selanjutnya pembelian kendaraan khusus Roda Dua (R2) untuk program kesehatan di puskesmas dengan total 23 unit (R2), dengan nilai total anggaran Rp 439 juta.

Masih untuk prasarana lanjut Haris, terdapat pembangunan Instalasi Pengolaan Air Limbah (IPAL) Pematang Kandis 1 unit senilai Rp 558 Juta. ” Dan terakhir terdapat pengadaan peralatan kesehatan puskesmas, dengan total nilai anggaran Rp 1.3 Miliar,” Tukas Haris, seraya mengatakan jika saat ini anggaran dana DAK tersebut, sebagian sedang proses lelang. (*)

REPORTER : Chatur 













LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here