Hari Pertama “Ngantor” Bupati dan Wakil Bupati Merangin Disambut Secara Adat..!

155
Bupati dan Wakil Bupati Merangin saat disambut secara adat/Ist

MERANGIN,- Mulai masuk kerja dihari pertama, pasangan Bupati Merangin H Al Haris – H Mashuri (HAMAS) Senin, (24/9) Pasca dilantik pada Sabtu (22/9) oleh Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar, disambut secara adat oleh ribuan masyarakat Merangin.

Prosesi acara adat itu berlangsung meriah di Pendopo Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Merangin. ‘’Sudah menjadi tradisi bagi Kabupaten Merangin, siapa pejabat yang baru bertugas disambut secara adat,’’ujar Bupati H Al Haris.

Hal ini terlihat saat Bupati dan Wakil Bupati berserta ibu turun dari mobilnya dipelataran bawah rumah dinas bupati. Pasangan Bupati Merangin ini bersama ibu, langsung diarak.

Arak-arakan adat yang diiringi tabuhan rebana itu, berlangsung spektakuler menuju rumah dinas Bupati Merangin. Seperti biasa, sebelum rombongan pasangan Bupati ini masuk rumah, digelar “Seloko Adat dan Berbalas Pantun”.

BACA PENGUMUMAN : Daftar Calon Tetap Calon Anggota DPRD Kabupaten Merangin Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019

Selain para pengurus lembaga adat Kabupaten Merangin dan tokoh masyarakat yang hadir, serta ribuan undangan, Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi H Hasyib Kalimudin Syam juga hadir.

Tampak juga Gubernur Jambi periode 2010-2015 H Hasan Basri Agus (HBA) selaku sesepuh masyarakat Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Bupati kabupaten tetangga, para tokoh politik dan tamu undangan penting lainnya.

Pada acara prosesi adat itu, HBA diminta memberikan nasehat (Tunjukaja) kepada pasangan Bupati Merangin H Al Haris – H Mashuri. Dalam nasehatnya HBA menegaskan di pundak mereka itu diamanatkan Merangin lima tahun kedepan.

‘’Ingat di desa-desa kita masih banyak tersebar orang-orang susah yang hidup dibawah garis kemiskinan. Belum lagi jalan yang kondisnya masih buruk dan berbagai persoalan lainnya yang akan tertumpu pada pasangan ini,’’ujar HBA.

BACA JUGA : Pertanyakan Kasus Dugaan Korupsi Kades Muara Langeh, Puluhan Warga Datangi Kantor Inspektorat…!

Masyarakat tegas HBA, tidak tahu apakah Bupati dan Wakil Bupati punya uang atau tidak, yang penting bagi mereka jalan di desa mereka bisa mulus, biaya sekolah dan pengobatan murah dan mereka bisa hidup sejahtera.

Diakui HBA, H Al Haris adalah sosok tokoh Jambi dimasa akan datang. Sepak terjang H Al Haris membangun Kabupaten Merangin secara kilat sudah terbukti. ‘’Semoga Merangin ke depan kian maju dan sejahtera,’’harap HBA. (*)

SUMBER : Humas Pemkab Merangin 

 






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here