Gawat…! Ribuan Surat Suara Logistik Pilkada Merangin Rusak..?

253
Ilustrasi/Ist

MERANGIN,- Tak terasa, perhelatan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah di Bumi Merangin, sudah di depan mata. Kendati Pilkada sudah tak lama lagi akan digelar, namun berbagai persiapan Logistik Pilkada Merangin, teryata hingga saat ini, masih belum rampung.

Bahkan informasi yang didapat jejakjambi.com, dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merangin baru – baru ini, diketahui sebanyak 3.846 Surat Suara dinyatakan rusak.

” Benar, setelah kami verifikasi atau sotir langsung, memang sebanyak 3.846 lembar surat suara kita nyatakan rusak (tidak bisa digunakan,red), dari total 252.291 surat suara yang kita cetak,” Ungkap Ketua KPU Merangin Iron Sahroni kepada jejakjambi.com.

Kerusakan seperti apa, surat suara tersebut hingga tak bisa digunakan dalam Pilkada Merangin? Menanggapi pertanyaan tersebut Iron mengatakan, secara umum surat suara yang kita terima dipastikan bersih tanpa ada kerusakan.

” Surat suara yang kita anggap rusak dari hasil sortir tersebut meliputi, tinta yang meleber atau terdapat banyak tinta disurat suara, hingga surat suara robek. Katagori tersebut sudah kita anggap rusak dan tak dapat digunakan,” Jelas Iron.

Masih dijelaskan Iron, dari total 252.291 lembar surat suara yang dicetak, 245.722 lembar surat suara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), 2.000 lembar surat suara, untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan 4.569 lembar penambahan 2,5% dari total DPT.

” Untuk surat suara yang rusak, secepatnya akan kita kirim untuk segera dicetak ulang secepatnya. Sedangkan logistik lain, seperti tinta, hologram, segel dan lain sebagainya masih dalam proses sortir pihak KPU, ” Tutup Iron. (*)

REPORTER : Chatur






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here