Desa Air Liki “Tak Perawan Lagi”…? Para Pelaku PETI Skala Besar, Rambah Desa Terisolir Merangin

1341
Foto hanya ilustrasi/Ist

MERANGIN,- Aksi para pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Bumi Merangin, semakin tak terbendung.

Desa Air Liki, Tabir Barat, yang merupakan salah satu desa ter-isolir dan Desa paling ujung Merangin itu, saat ini tak lepas dari rambahan para pelaku PETI ber-skala besar.

Tak tanggung – tanggung, dari informasi yang berhasil dihimpun media ini, setidaknya terdapat empat alat berat berlogo sany bercokol dilokasi tersebut saat ini, dan beroperasi siang maupun malam.

Tak ayal aktivitas tereselubung tersebut, membuat slogan Desa-ku indah, desaku asri, desaku hijau, hingga air sungai-ku jernih, menjadi ancaman berat keberlangsungan masa depan salah satu desa yang selama ini di kenal sebagai salah desa yang masih ‘perawan di Bumi Merangin’.

“ Faktanya memang begitu, sudah berbulan-bulan lamanya alat berat beroperasi di Desa Air liki, lewat aktivitas PETI.

“ Empat alat berat beroperasi sekaligus baik siang maupun malam mengeruk emas dilokasi Desa saya ini,” Ungkap salah pemuda setempat yang wanti-wanti minta namanya sama sekali tidak dicatut dalam media ini, saat dibincangi, baru-baru ini.

Sepengetahuan sumber yang layak dipercaya ini, aktivitas terlarang tersebut berlangsung tanpa adanya rasa takut cukong sang pemilik alat berat akan tercium aparat.

“ Barang aktivitasnya sudah lama pak, rasanya sangat tidak rasional jika aparat tidak mengetahui aktivitas tersebut. Dan mereka bekerja siang dan malam tanpa ada rasa takut tersentuh aparat. Iya detailnya tak tahu juga pak, apakah aparat tidak tahu atau aparat pura pura tidak tahu,” Tambahnya seronoh.

Sejauh ini masih dikatakan sumber ini, memang aktivitas pencarian emas dengan menggunakan alat berat di Desa Air Liki ini, masih merambah pulau-pulau kecil yang ada di Desa Air Liki.

“ Dan seiring berjalanya waktu, maka bukan tidak mungkin besok para pelaku PETI akan merambah lokasi sawah warga pribumi sekitar  lahan atau sebagai objek mencari emas,” Tukasnya.

Sekedar untuk diketahui, jika Desa Air Liki adalah salah satu desa di kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin. Untuk mencapai Desa tersebut harus melalui transportasi Air dari Desa Ngaol sekitar 4 jam perjalanan. (BERSAMBUNG)

REPORTER : Chatur

   

























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here