Dandim Sarko : Bantu Kami Padamkan Api, Jangan Hanya Selfie”

86
Suasana berlangsungya coffe morning Dandim 0420/Sarko/Ist

MERANGIN,- Kemarau panjang di musim ini membuat kekeringan dimana -mana, hingga terjadinya kebakaran hutan dan lahan, begitu pun di berbagai titik Kabupaten Sarolangun dan Merangin Provinsi Jambi.

Komandan Kodim (Dandim) 0420/Sarko Let Kol Kav. Rochyat Happy Arianto menyebut, hingga pertengahan Agustus terpantau 47 titik api (Hotspot) di Sarolangun, kondisi ini meningkat signifikan dibandingkan pada bulan yang sama tahun 2018, yang tercatat 16 hotspot.

“Di Sarolangun hingga pertengahan Agustus 2019 terpantau 47 hotspot, tahun lalu hanya 16 hotspot, meningkat signifikan,” kata Dandim pada acara Coffee morning dan silaturahmi dengan insan Pers Kabupaten Merangin dan Sarolangun, Jum’at (16/8) di aula Kodim 0420/Sarko.

Dandim mengungkapkan Sehubungan dengan terbatasnya jumlah Personil TNI, Polri, Damkar dan Manggala Agni Kabupaten Sarolangun dan Merangin, Dandim mengharapkan peran serta dan bantuan masyarakat dalam penanggulangan kebakaran.

“Personil terbatas, wilayah sangat luas, kalau tanpa bantuan masyakat kami jujur tak mampu, untuk itu saat terjadinya kebakaran lahan, kami mohon bantuan masyarakat membantu memadamkan api, jangan hanya foto selfie dan cuma nonton”, ujar Dandim.

Menyikapi kondisi ini diperlukan sinergi dari pihak terkait dan pengamanan, termasuk pihak perusahaan.

“Ini diperlukan sinergi pihak terkait, termasuk perusahaan, bila terjadi kebakaran di sekitar lahan perusahaan, perusahaan wajib membantu pemadaman,” lanjut Dandim.

Dandim juga menyebut, hingga saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi dan imbauan terhadap masyarakat terkait antisipasi dan penanggulangan kebakaran.

” Hingga saat ini Kita masih melakukan sosialisasi dan peringatan, masuk ke kampung- kampung memakai pengeras suara dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran, ” Tuntas  Dandim. (*)

REPORTER : Abah Agus
EDITOR : Chatur
























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here