Catat dan Distabilo Merah…? Capaian PAD Sejumlah OPD Merangin Hingga September 2017 “Merangkak Tak Berdaya” Bahkan, Ada Yang Masih Nol Persen.

126
Amir Achmad/ Ist

MERANGIN,JEJAKJAMBI,- Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD), disejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Merangin, tak berlebihan, jika masih dikatakan “payah”. Bahkan, ada diantara OPD, justru tanpa satu sen pun capaian PAD, yang ter-intip hingga akhir September 2017. Kok Bisa Iya, Emang Enggak Kerja Iya? 

Fakta memalukan tersebut, kembali berhasil dihimpun jejakjambi.com dari catatan Badan Pengelola Pajak & Retribusi Daerah (BPPRD) Merangin dibawah pimpinan Amir Achmad, terkait capaian PAD Merangin hingga akhir September 2017.

Secara umum, capaian PAD Merangin dari 14 OPD penghasil PAD, tercatat sudah mencapai 60,07 %, atau jika diuangkan Rp 57.514.804.522.12. Masih ‘amblasnya’ capaian PAD Merangin ini, tidak terlepas rapor merah capaian PAD sejumlah OPD.

Siapa saja mereka, 2 OPD yang tanpa capaian PAD satu sen pun, Dinas Komunikasi & Informatika, dan Dinas Lingkungan Hidup. Sedangkan OPD dengan kondisi PAD melorot lainnya tak lain, Dinas Kesehatan dengan target PAD 10 Miliar lebih, namun capaian PAD baru Rp 659 Juta, atau tak lebih dari 6,28 %.

Kemudian, Dinas Tanaman Pangan & Holtikultura dengan target PAD 310 Juta, dan capaian PAD Rp 33 Juta lebih, atau 10,83 %. Selain itu, juga capaian yang masih jauh dari harapan ada pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan & Perindustrian, dengan target PAD Rp 25 Juta, dan capaian baru Rp 3,1 Juta, atau 12.76 %.

Selanjutnya, capaian rapor PAD merah lainnya nampak pada Dinas Perikanan dengan target PAD Rp 100 Juta, dan capaian PAD Rp 26 Juta atau 26,00%, dan capaian PAD payah lainnya ada pada Dinas Perhubungan dengan target PAD Rp 750 Juta, dan capaian PAD baru Rp 421 Juta atau 42,01 persen.

Kepala BPPRD Merangin Amir Achmad ketika dikonfirmasi, membenarkan kondisi PAD Merangin hingga Akhir September 2017 baru mencapai 66,07 persen.” Selain ada beberapa OPD yang target PAD-nya masih payah, juga ada OPD yang target PAD-nya cukup baik. OPD tersebut tak lain RSD Adbunjani Bangko, target PAD Rp 31 Miliar, dan capaian PAD Rp 25 Miliar atau 81,19 persen,” Jelasnya.

Melihat capaian PAD hingga September 2017 tersebut, Amir sendiri ‘pesimis’ akan mampu menembus PAD 100 persen hingga akhir Desember 2017 nanti.” Kalau lihat angka itu, saya sangat pesimis. Sejatinya, capaian PAD Merangin hingga akhir Desember bisa menembus 85 persen saja, sudah sangat baik, jika melihat kondisi capaian PAD hari ini,” Jelasnya.

Dilain kesempatan masih rendahnya capaian PAD Merangin tersebut, sedikit mendapat kritisi dari Masroni yang tak lain koordinator Forum Bersama Peduli Merangin (F-BPM).” Capaian PAD rendah, tentu sudah menjadi tugas kepala daerah atau Bupati Merangin untuk  mengevaluasi kinerja para pucuk pimpinan OPD. Apa persoalan yang terjadi, hingga capaian PAD tersebut, masih belum mampu menjadi harapan. Ini tugas kepala daerah yang mengevaluasi hingga mencari langkah cepat untuk dapat mencari solusi agar capaian PAD Merangin, bisa over target,” Ujarnya sedikit mengkritisi. (*)

REPORTER : Chatur



















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here