Breaking News..! Jelang Pilkada Merangin, Warga Temukan Ratusan E-KTP Ganda? Waduh,,,Buat Apa Ya…?

63
E-KTP : Potret E-KTP Ganda temuan warga/jejakjambi.com

MERANGIN,JEJAKJAMBI,- Jelang Pilkada, warga Merangin lagi – lagi dibuat heboh. Betapa tidak, fitri salah seoarang warga Merangin yang juga Ketua Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI) Merangin, menemukan indikasi pencetakan ganda Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) yang terjadi dibumi Tali Undang Tambang Teliti.

Diduga pencetakan ganda E-KTP tersebut, mencapai angka ratusan jumlah penduduk. Sejauh ini, selain belum diketahui secara pasti, siapa yang melakukan pencetakan ganda E-KTP tersebut, hal lain juga belum diketahui, terkait modus dibalik pencetakan ganda E-KTP ini.

Informasi yang berhasil dihimpun jejakjambi.com, ditemukanya E-KTP ganda tersebut, bermula dari Fitri yang tak lain ketua LGMI yang ingin membuat ulang E-KTP miliknya ke kantor Dukcapil Merangin, lantaran E-KTP miliknya tersebut hilang tercecer.

Setibanya di kantor Dukcapil tersebut, Fitri menyampaikan rencananya tersebut untuk membuat ulang E-KTP, termasuk apa saja syarat untuk membuat ulang E-KTP yang hilang, terhadap salah seorang petugas setempat bernisial  Ya.

” Anehnya, baru saja saya melaporkan persoalan tersebut dan syarat yang diminta belum saya lengkapi, tiba – tiba petugas Dukcapil berinisial Ya mengatakan, E-KTP nya sudah ada. Bahkan E-KTP atas nama saya tersebut, dikatakan petugas berinisial Ya, juga ada dikantor Camat Bangko. Jadi ada dua E-KTP atas nama saya yang dicetak. Selain sudah tercetak dikantor Dukcapil, juga terdapat dikantor Camat Bangko. Ini kan aneh, ada apa E-KTP kok dicetak ganda,” Jelas Fitri, seraya mengatakan jika temuanya tersebut, baru berlangsung hari ini.

Penasaran dengan apa yang disampaikan petugas berinisial Ya, Fitri pun mendatangi kantor Camat Bangko, dengan maksud mempertanyakan E-KTP atas namanya yang katanya, juga terdapat dikantor Camat Bangko.

” Saat itu petugas Kantor Camat yang memegang E-KTP saya dengan inisial Za, kebetulan tidak ada dikantor Camat Bangko, hingga terpaksa saya susul ke-rumahnya. Disanalah saya ketahui ada banyak ratusan E-KTP yang diduga tercetak ganda. Saya sendiri tidak tahu, apa modus dibalik pencetakan ganda E-KTP tersebut,” Timpal Fitri tak terima EKTP miliknya yang digandakan.

Bahkan lanjut Fitri, dirinya juga melihat E-KTP milik warga lainnya yang tercetak yang secara kebetulan sosok pemilik E-KTP tersebut dikenalinya.” Saat saya ambil E-KTP dikediaman Za, juga terlihat ada ratusan E-KTP disimpan dikantong plastik ukuran sedang. Bahkan tak sedikit E-KTP yang ada disana, saya mengenali orangnya. Setelah saya cek dengan yang bersangkutan, kebanyakan dari mereka sudah memiliki E-KTP. Jadi buat apa pencetakan E-KTP ganda tersebut,” beber Fitri.

Lalu apa tanggapan Kadisdukcapil Merangin Jailani soal temuan E-KTP Ganda tersebut? Menyoroti pertanyaan tersebut Jailani justru menyangkal keras, jika pihaknya melakukan pencetakan ganda E-KTP.” Kami tidak pernah mengeluarkan E-KTP Ganda. Mungkin E-KTP tersebut, merupakan E-KTP milik warga yang sudah rekam E-KTP, namun tidak pernah mempertanyakan E-KTP-nya lagi usai rekam E-KTP. Sehingga petugas melakukan pencetakan dan nanti akan diserahkan ke kantor lurah masing – masing. Mungkin itu yang terjadi, Kalau E-KTP Ganda tidak mungkin itu,” Sangkalnya.

Sekedar informasi, E-KTP yang diduga kuat digandakan tersebut, jika dilihat dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) nampak sama persis, juga indentitas E-KTP tak ada yang berbeda. Yang membedakan, hanya data angka tahun dibawah foto sang pemilik E-KTP.

E-KTP yang ditemukan dikantor Dukcapil Merangin tercatat tahun 2018, sedangkan E-KTP yang ditemukan dikantor Camat Bangko tercatat tahun 2017. (*)

REPORTER :  Chatur













LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here