Bonus Atlet Tak Kunjung Dibayar Lunas, Sejumlah Atlet Merangin Terancam “Hengkang”

179
ILUSTRASI/Ist

MERANGIN,JEJAKJAMBI,-“Tapi Janji Tinggal Janji Bulan Madu Hanya Mimpi” Beberapa penggal lirik lagu berjudul “Dingin” yang tak lain tembang lawas, yang pernah dinyanyikan artis senior Hetty Koes Endang ini, tak ubahnya dengan nasib ratusan atlet Merangin, yang mampu meraih prestasi membanggakan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), ke -XXI Kabupaten Batanghari 2015 silam.

Pasalnya, janji bonus bagi para atlet Merangin yang berprestasi diajang bergensi tingkat provinsi Jambi tersebut, teryata hingga saat ini, masih belum dibayar lunas Pemkab Merangin, dibawah kepemimpinan Bupati Merangin Al-haris. Informasi yang berhasil dihimpun jejakjambi.com, baru sekitar 70 persen bonus atlet yang dijanjikan Pemkab Merangin tersebut yang sudah terbayar. Sedangkan sisanya, bisa jadi hanya tinggal janji.

Ketua KONI Merangin Selamet Edi Sucipto tidak menapik kabar masih belum lunasnya bonus atlet, yang sebelumnya  dijanjikan Pemkab Merangin terhadap para atlet Merangin berprestasi diajang Porprov ke -XXI Kabupaten Batanghari 2015 silam. Sedikit diurai Selamet, jika sejumlah atlet Merangin yang akan berlaga di Porprov, ke -XXI Kabupaten Batanghari 2015 dahulu, sempat dijanjikan bonus dari Pemkab Merangin. Bonus tersebut bervariatif, untuk 1 perolehan mendali emas akan diberikan bonus Rp 10 Juta, dan seterusnya untuk perak dan perunggu akan diberikan bonus secara proporsional.

” Dan saat itu, anggaran bonus atlet Merangin tersebut baru bisa direalisasikan Pemkab Merangin 2016, dengan angka kisaran Rp 1,2 Miliar lebih. Nah, karena jumlah dana tersebut jauh dari kata cukup, maka  melalui kesepakatan bersama, KONI akhirnya membayar bonus atlet secara proporsional dengan menyesuaikan anggaran yang didapat. Dimana saat itu, untuk katagori 1 mendali emas, kita hanya bayar Rp 5,5 Juta, begitu seterusnya untuk perak dan perunggu, dibayar secara proporsional menyesuaikan anggaran yang didapat. Dan kekurangan jumlah bonus atlet tersebut hingga saat ini masih belum dibayar Pemkab Merangin, dan terus ditagih sejumlah atlet, kapan akan dibayar,” Urainya panjang lebar.

Masih dikatakanya Selamet, guna menghindari para atlet kabur dari Merangin lantaran janji yang tak terlunasi ini, dirinya berharap terhadap Pemkab Merangin melalui APBD Merangin 2018, bisa sedikit menganggarkan dana pembinaan terhadap atlet.” Uang pembinaan tersebut, istilahnya sebagai ganti uang bonus atlet yang dijanjikan Pemkab Merangin yang masih belum terlunasi. Jika ini tidak dilakukan juga, maka bukan tidak mungkin para atlet akan ‘jera’ berlaga dan membawa nama Merangin diajang Porprov yang akan datang,” Timpalnya.

Sejauh ini lanjut Selamet, kondisi belum terlunasinya janji Pemkab Merangin untuk membayar lunas bonus atlet tersebut, menjadi sinyal kencang sejumlah atlet berprestasi akan hengkang dari Merangin, dan membela kabupaten/kota lain yang ada di provinsi Jambi.” Iya, karena mereka (para atlet,red) sudah tidak percaya dengan janji manis Pemkab Merangin ini,” Tukasnya.

Sekedar untuk diketahui, dalam ajang Porprov ke -XXI Kabupaten Batanghari 2015 silam, para atlet Merangin berhasil menorehkan 50 emas, 53 perak, dan 92 perunggu. Bahkan tim sepak bola Merangin, berhasil menorehkan emas lewat ajang bergensi tersebut. (*)

REPORTER : Chatur



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here