BKKBN Provinsi Jambi Respon Positif Kinerja DPPKB Merangin

198
suasana Pengukuhan pengurus Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IpeKB) Cabang Kabupaten Merangin Priode 2020-2024/Ist

MERANGIN,- Kepala Perwakilan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi Munawar Ibrahim, S.Kp. M.PH, merespon positif kinerja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Merangin.

“Setelah saya pelajari di Jambi ini, salah satu kabupaten terbaik dalam kinerjanya di bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, tak lain adalah Bumi Merangin.

“ Namun angka stunting perlu mendapat perhatian termasuk angka perkawinan anak, karena kita masih diatas rata-rata nasional, “ ucap Munawar Ibrahim, saat lawatan ke Merangin, Rabu (16/9/2020), bertempat di Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Merangin.

Selain melakukan kunjungan kerja ke Merangin dan ingin melihat perkembangan Keluarga Berencana di Merangin, Kaper BKKBN Jambi Munawar Ibrahim juga menghadiri pengukuhan pengurus Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IpeKB) Cabang Kabupaten Merangin Periode 2020-2024.

Sementara itu, Kepala (PPKB) Kabupaten Merangin Drs Elvis Suriadinata dalam laporannya mengatakan, berdasarkan data basis capaian kinerja, terjadinya penurunan TFR (angka kelahiran total), angka prevalensi kontrasepsi moderen, menurunnya kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi, menurunnya angka kelahiran bagi remaja dan meningkatnya kesertaan keluarga ber-KB dan kesehatan reproduksi,

“ Maka untuk DPPKB Kabupaten Merangin di Tahun 2019 lalu, rata-rata capaian kinerja dengan predikat memuaskan (A), dengan persentase 93,36 persen,” ungkap Elvis Suriadinata.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Merangin Al Haris dalam sambutannya mengaku cukup terkejut dengan “ledakan” penduduk di Kabupaten Merangin. Meski menurut Bupati dilihat dari luas wilayah sangat memungkinkan hal tersebut terjadi.

Bupati Merangin didampingi Dr H Al-Haris, didampingi Kepala (PPKB) Kabupaten Merangin Drs Elvis Suriadinata, saat sesi wawancara dengan sejumlah awak media/Ist

“ Perkembangan penduduk kita sangat luar biasa. Bayangkan saja pemilih kita di Pilgub sudah mengalahkan Muara Jambi, pemilih kita nomor dua sesudah  Kota Jambi. Artinya ledakan ini perlu dicermati oleh para penyuluh dilapangan. Dan kelahiran anak-anak kita perlu berkualitas, “ ujar Bupati Merangin.

Tampak hadir dalam kegiatan diruang pola II Kantor Bupati Merangin Kasdim 0320/Sarko Mayor Edy Arman, Kemenag Merangin Marwan Hasan, Kepala Dinas Kesehatan Abdai, Ketua Ikatan Dokter Indonesiqa (IDI). (*)

REPORTER : Chatur

























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here