Asyiknya di Merangin..! Ada Aktivitas PETI, Dibalik Proyek Normalisasi Sungai..?

1273
lokasi proyek normalisasi sungai/Ist

MERANGIN,-Menyelam Sambil Minum Air”. Iya pepatah usang tersebut, sepertinya cukup tepat dialamatkan terhadap proyek normalisasi sungai yang saat ini masih terus berlangsung di wilayah Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tabir Barat, Merangin.

Betapa tidak, proyek yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) setempat, disinyalir bergerak, sembari ‘nyambi’ aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

“ Dugaan-nya memang sedemikian, proyek normalisasi sungai ini, bergerak sembari melakukan aktivitas PETI terselubung,” Ungkap salah seoarang tokoh masyarakat setempat, berinisial JG saat dibincangi jejakjambi,com, baru – baru ini.

Sedikit diurai inisial JG, pada dasarnya proyek normalisasi sungai yang berlangsung di desanya tersebut, sengaja disepakati warga guna sedikit mengurangi banjir yang terus terjadi, saat debit air bergerak tak normal.

“ Proyek normalisasi sungai ini memiliki panjang sekitar 100 meter, dengan anggaran dana tak kurang dari Rp 55 Juta. Dan sejauh ini sepengetahuan kami, baru Rp 35 Juta yang terbayar, sisanya masih terus dilakukan pekerjaan sampai saat ini,” Timpalnya.

Namun hal yang disayangkan banyak warga, dibalik berlangsungnya proyek tersebut, pihak perkerja proyek justru memanfaatkan hal tersebut, untuk melakukan aktivitas PETI terselubung.

” Dan sejak proyek tersebut bergerak sekitar dua bulan yang lalu, mereka kerap mencuci emas hasil aktivitas PETI yang mereka lakukan. Artinya sudah ada hasil disana, berapa total emas yang mereka sudah dapat, seutuhnya kami tidak tahu, yang jelas pendapatan emas dari hasil PETI dilokasi proyek normalisasi sungai itu sudah ada,” Terang JG lagi.

Lalu siapa oknum yang bermain atas aktivitas PETI terselubung tersebut? Sayang pertanyaan tersebut masih belum mampu dijawab sumber jejakjambi, secara jelas.” Soal itu kami belum tahu, coba konfirmasi sama kades pak,” Katanya. 

Sementara itu, Kades Tanjung Beringin Akmal, hingga berita ini dirilis masih belum berhasil dikonfirmasi terkait aksi PETI dibalik proyek normalisasi sungai setempat. (*)     

REPORTER : Rabu Iskandar
EDITOR : Chatur

 






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here