“Aksi Brutal Beruang Madu”, Resahkan Warga Desa Pulau Tengah..! Minta BKSDA Jambi Segera Atasi…?

287
Ilustrasi/Ist

MERANGIN,- Sejak tiga pekan terakhir, warga Desa Pulau Tengah, Jangkat, Merangin, cukup diresahkan dengan kehadiran se-ekor hewan beruang madu bertubuh besar.

Selain tak jarang merusak tanaman pertanian warga setempat, kehadiran beruang madu tersebut tak jarang memangsa hewan peliharan warga seperti ayam dan lain sebagai-nya. Dan parahnya lagi, beberapa pondok warga menjadi objek beruang madu untuk melakukan pengerusakan.

” Benar, sudah sejak tiga minggu terakhir, warga di tiga dusun wilayah Desa Pulau Tengah, Mentelun, Talang Beringin, dan Geluguh,  benar – benar dibuat resah, dengan kehadiran beruang madu tersebut,” Ungkap Kades Pulau Tengah Sasta Emjaya ketika dibincangi jejakjambi.com baru baru ini.

Sejauh ini lanjut Sasta, imbas kehadiran se-ekor beruang madu tersebut, tak sedikit membuat warga ditiga dusun terseburt mengaku khawatir untuk pergi meladang (ke-kebun,red).

” Mereka khawatir terjadi apa – apa, karena tak sedikit dari pondok kebun warga sudah dirusak hewan beruang madu yang kerap menampakkan diri disiang hari itu,” Jelas Sasta.

Terkait polemig ini lanjut Sasta, pihaknya segera  menyurati  pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Jambi, guna  mencari solusi tepat agar hewan yang tidak diharapkan kehadiran di tengah kehidupan warga tersebut, bisa cepat ditangkap dan dipulangkan kehabita-nya.” Setidak ya itu harapan kita, agar persoalan ini dapat cepat teratasi,” Harapnya.

Sekedar untuk diketahui, beruang madu merupakan  binatang omnivora yang memakan apa saja di hutan. Mereka memakan aneka buah-buahan dan tanaman hutan hujan tropis, termasuk juga tunas tanaman jenis.

Mereka juga memakan serangga, madu, burung, dan binatang kecil lainnya. Apabila beruang madu memakan buah, biji ditelan utuh, sehingga tidak rusak, setelah buang air besar, biji yang ada di dalam kotoran mulai tumbuh sehingga beruang madu mempunyai peran yang sangat penting sebagai penyebar tumbuhan buah berbiji besar seperti cempedak, durian, lahung, kerantungan dan banyak jenis lain.

Pada wilayah yang telah diganggu oleh manusia, mereka akan merusak lahan pertanian, menghancurkan pisang, pepaya atau tanaman kebun lainnya. (sumber: id.wikipedia.org,red)

 REPORTER : Chatur






















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here