58 Tahun Pramuka di Kwarcab Sarolangun Jadi Momentum Kepedulian Lingkungan

104
Kamabicab Cek Endra, Kakwaran Pramuka Sarolangun Muhammad Fadlan Arafiqi dan pengurus Pramuka Kwarcab Sarolangun saat berlangsungnya acara/Ist.

SAROLANGUN,- Peringatan 58 tahun Pramuka tahun 2019 di Kwarcab Sarolangun menjadi sebuah momentum penting bagi pencanangan kepedulian Pramuka dan Masyarakat terhadap lingkungan dan kepedulian sosial.

Acara yang digelar di lapangan Sriwijaya Laman Basamo- Sarolangun, Rabu (25/9) diawali dengan tarian kolosal yang 678 putra-putri Pramuka terbaik Kabupaten Sarolangun.

Bupati Sarolangun H Cek Endra selaku Ketua Majelis Bimbingan Cabang (Kamabicab) bertindak sebagai Pembina Apel Besar. Dalam pidatonya Cek Endra mengajak para anggota Gerakan Pramuka untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan Gerakan Pramuka dan menjadi pioner dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extra Ordinary Crimes).

Cek Endra juga menyebut, Pramuka harus berperan aktif dan peduli dengan lingkungan, terutama permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat, ini dapat dikatakan sebuah pencanangan kepedulian terhadap lingkungan.

” Dalam suatu masalah atau musibah yang terjadi di masyarakat, Pramuka harus berperan aktif bersama instansi terkait melakukan tindakan pertolongan pertama yang diperlukan, sadar bencana, yang rela menolong dan rela berkorban bagi sesama,” urai Cek Endra.

Senada dengan Bupati Cek Endra, KaKwarcab Pramuka Sarolangun Muhammad Fadlan Arafiqi menyatakan gerakan Pramuka adalah Pemuda generasi penerus Bangsa yang harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan peduli lingkungan.

Lanjut Kakwarcab, untuk mencapai semua itu perlu kerjasama dari seluruh liding sektor yang baik sebagai wujud nyata membantu program pemerintah.

” Pramuka diharapkan ikut berpartisipasi dalam Karhutla dan memerangi narkoba,” tegas Rafiq.

Begitu pun Wakabinawasa M Damiri dalam sambutannya mengapresiasi Kwartir Cabang Sarolangun yang sangat aktif dalam segala hal.

Dalam acara tersebut juga digelar pemberian penghargaan Lencana Darma Bhakti dan Panca Warsa serta pelantikan Pramuka Garuda.

Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri yang juga menjabat Wakamabicab, Kamabigus serta pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sarolangun, Kepala OPD dan perwakilan Polres Sarolangun serta tamu undangan lainnya. (*)

REPORTER : Abah Agus
EDITOR : Chatur
























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here